BeritaTerkini

3 Pencuri Uang Rp 1,1 M Di Koperasi PGRI Kota Pasuruan Ditembak

26Views

PASURUAN,  Siaranpublik.com

Tiga orang Komplotan maling uang sebesar Rp 1.1 milyar dibekuk tim Resmob Suropati Sat Reskrim Polres Pasuruan Kota pada hari Sabtu tanggal 04 Januari 2020 tengah malam. Penangkapan terhadap tersangka Mashuri (38), Jajak Abdillah(38) dan Agung Hariyanto(26) dilakukan di dua tempat yakni, di Jalan MT. Hariyono nomer 308 RT 07-RW 05 Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo dan di Jalan Sulawesi no. 25 RT.01-RW02 Kelurahan Pohnentrek, Kota Pasuruan.

Petugas terpaksa melumpuhkan ketiga pelaku dengan menembak kaki pelaku, karena melawan dan berusaha kabur saat di tangkap. Keterangan tersebut disampaikan oleh Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander, S.I.K saat pers rilis di mapolres Pasuruan Kota, Kamis (16/01/20).

Dony menuturkan, dari penangkapan tersebut kemudian dilakukan pengembangan. Dari keterangan ketiga tersangka akhirnya diketahui ada seorang pelaku lagi. Ketika di dilakukan penangkapan pelaku atas nama Hamid melarikan diri dan sekarang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Pasuruan Kota.

Dari penangkapan tersebut polisi mengamankan beberapa barang bukti, lima unit sepeda motor milik para pelaku diduga dibeli dari hasil kejahatan. Dua brankas yang sudah rusak akibat dibuka paksa oleh pelaku, surat akte jual beli tanah, televisi LED 29 inchi dan lainya.

“Atas perbuatanya, pelaku disangka melanggar pasal 363 ayat 1ke 4e,5e KUHP (Tindak Pidana pencurian dengan pemberatan) dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara, “terang Dony Alexander didampingi Kasat Reskrim, AKP Slamet Santoso dan Kabag Humas, AKP Endik.

Dony Alexander menambhkan, kasus pencurian dengan pemberatan tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 15 tahun 2019 lalu. Tempat Kejadian Perkara di kantor Koperasi Wahana Bahagia Jalan WR. Supratman, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Pelaku melakukan aksinya dengan menjebol tembok samping kantor kemudian masuk kedalam ruang tempat menyimpan dua buah brankas. “Pelaku membuka paksa dua buah brankas ini dengan memakai linggis yang dipukul menggunakan hammer. Lalu menggondol isinya, uang sebanyak Rp 1,1 milar, “jelasnya.

Ketua Koperasi Wahana Bahagia, H. Fauzi yang hadir di acara pers rilis, menerangkan, pencurian tersebut baru diketahui pagi harinya ketika karyawan masuk kerja. Kondisi seluruh ruangan sudah berantakan dan tembok disamping ruangan lobang besar. Dua buah brankas juga dirusak pelaku dan menggondol seluruh isinya uang sebesar Rp 1,1 milyar dan surat berharga lainnya.

“Uang tersebut sebenarnya untuk membayar SHU 100 anggota sisa dari pembayaran SHU seluruh anggota yang berjumlah 900 orang. Anggota kami adalah pegawai dan.karyawan kantor Kementrian Agama Kota dan Kabupaten Pasuruan, “papar Fauzi.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply