BeritaBirokrasiTerkini

Dedy, Anggota Komisi 2 : Tarif PDAM Naik Hendaknya Dewan Diajak Bicara

28Views

PASURUAN,  Siaranpublik.com

Jika ada perubahan tarif air PDAM, hendaknya DPRD diajak bicara. Sebab, sebagai wakil rakyat berkewajiban menyampaikan masukan- masukan terkait kondisi ekonomi masyarakat, terutama masyarakat bawah. Agar tidak ada masalah di belakang hari. Hal tersebut disampaikan oleh Dedy Cahyo Purnomo, Koordinator Komisi 2 disela-sela kunjungan kerjanya ke PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Pasuruan, Senin (13/01/20).

Selain itu, tutur Dedy, komisi 2 juga menegaskan, agar setiap pengaduan masyarakat harus segera di tindak lanjuti. “Karena dua masalah tersebut sering disampaikan masyarakat melalui reses anggota dewan, “tuturnya.

Anggota Komisi yang membidangi perekonomian tersebut juga meminta penjelasan terkait suplai air PDAM yang sering dikeluhkan oleh pelanggan. Dan juga soal suplai air dari SPAM Umbulan yang tak kunjung mengalir sampai saat ini. Hal lain yang disoroti adalah penanaman pipa air. “Berapa kedalaman menanam pipa air di pinggir jalan. Karena seringkali mengalami bocor dan airnya meluber ke jalanan, “tanya Aris Budi, anggota komisi 2.

Mendapat masukan dan pertanyaan Komisi 2, direktur PDAM Robert Balbut didampingi para stafnya, memperhatikan masukan-masukan tersebut. Dan akan mengevaluasi kinerjanya.

Terkait suplai air yang belum maksimal, menurutnya karena suplai air dari SPAM Umbulan masih belum di mulai. Masalahnya, jaringan pipa primer SPAM yang berada di antara Sidoarjo Surabaya masih belum rampung. “Rencananya awal Pebruari tahun 2020 akan dilakukan uji coba supply air Umbulan oleh SPAM. Dan sifatnya gratis bagi PDAM. Bulan Maret sudah mulai komersil dan PDAM Kota Pasuruan Harus beli ke PT. AB (Air Bersih) selaku operator SPAM Umbulan, “jlentrehnya.

Robert menambahkan, pihak nya sudah menyiapkan tandon-tandon besar untuk suplai air dari SPAM Umbulan. Dua tandon besar berkapasitas 400 meter kubik dirusunawa Tambakan dan 600 meter kubik di Pleret, sudah rampung di kerjakan tahun lalu.

Soal penanaman pipa air, lanjutnya, kedalamannya bervariasi tergantung lokasinya. Secara tehnik harus menghitung beban diatasnya. “Penanaman pipa air di pinggir jalan besar misalnya, kedalamannya harus 1,5 meter napak punggung (dihitung dari bagian atas pipa). Jika.ditanam di permukiman kedalamannya antara 70 hingga 100 meter, “terangnya

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply