BeritaTerkiniTNI POLRI

Polresta Pasuruan Serahkan Motor Hasil Curian Kepada Pemiliknya

16Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Polres Pasuruan Kota menyerahkan sejumlah barang bukti sepeda motor hasil penegakan hukum tindak pidana curanmor kepada pemiliknya, Rabu (12/09/19).

Delapan motor diserahkan langsung ke pemiliknya oleh Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudariyatno, SIK, MH, saat pers rilis. Dua motor sudah diambil sebelumnya oleh pemiliknya warga Surabaya dan Probolinggo. Tiga motor tidak teridentifikasi, diduga motor dari luar Jawa. Satu motor lagi belum diambil oleh pemiliknya. Total 14 motor yang berhasil diamankan tim Resmob Suropati,  Polres Paskot.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudariyatno, SIK, MH, menjelaskan, sejumlah motor tersebut diamankan dari operasi bongkar gudang curanmor di Desa Plososari, Kecamatan Grati,  pada hari Kamis (05/09/2019) lalu. Pelaku, menyembunyikan motor – motor tersebut di dalam rumah, di kebon dan persawahan.

Setelah diamankan dan diidentifikasi, ternyata nama pemilik motor tersebut alamatnya tersebar di berbagai daerah. Ada yang beralamat di Surabaya, Probolinggo dan kawasan Pasuruan sendiri. Setelah didalami, diketahui motor – motor tersebut hasil kejahatan di berbagai daerah. “Daerah operasi kejahatannya tersebar di berbagai daerah, “ucapnya

Keberhasilan polisi tersebut, berkat kerjasama dengan semua pihak. Dengan jajaran Forkopimda maupun informasi dari masyarakat. “Polisi tidak bisa bekerja sendiri dalam penegakan hukum kasus curanmor. Butuh peran serta semua pihak terutama informasi dari masyarakat, ” ujar Agus.

Lanjut Agus, pihaknya berupaya membersihkan nama “Desa penadah” yang sudah lama melekat di Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Untuk itu butuh dukungan dari lembaga lainnya, Forkopimda Kabupaten Pasuruan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta peran aktif informasi dari masyarakat Pasuruan, termasuk dari rekan-rekan wartawan.

Kepada pelaku tindak kejahatan pencurian atau perampasan motor yang masih bersembunyi, Agus bersumpah untuk terus mengejarnya. “Kami akan terus kejar pelakunya. Dan saya himbau pelaku yang masih bersembunyi terutama DPO yang berinisial S supaya menyerahkan diri. Sebelum polisi melakukan tindakan yang lebih tegas, ” tegasnya.

Masyarakat yang telah mendapat kembali motornya, merasa bahagia dan mengucapkan terimakasih pada aparat Kepolisian. Seperti yang disampaikan oleh Firman. Dia merasa bahagia mendapati kembali motor Megapro nya yang dicuri di belakang rumahnya, di dusun Wareng, Desa Gentengan, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (05/09/19) lalu.

Firman mengetahui motornya berhasil ditemukan polisi, dari media sosial facebook. Dari informasi grup Informasi Kriminal dan Lalulintas ( IKL) dan ILKP, lalu dia memastikannya datang ke Mapolres Paskot. Benar saja. Mega pro warna merah maron dengan tanda khas di lampunya, memang motornya.

“Syukur sepeda saya sudah kembali. Terbukti Polisi melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh dan kerja keras. Hanya kita yang kurang sadar, kadang masyarakat tidak lapor ketika motornya hilang. Terimakasih pak polisi, semoga selalu dalam lindungan Allah kesehatan dan barokahNya, ” ucap Firman.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply