Terkini

Desa Gondangrejo Peringati 1 Muharom Santuni 250 Anak Yatim, Janda dan Lansia

24Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Pemerintah Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, menggelar hajatan, Memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, 10 Muharram, di balai Desa Gadingrejo, Selasa (10/09/ 2019), dengan memberi santunan anak yatim, Janda dan Lansia.

Sebanyak 22 anak yatim dan 220 janda – lansia mendapat santunan tersebut. Untuk anak yatim mendapat santunan sebesar Rp 200 ribu dan janda-lansia mendapat bantuan uang sebesar RP 100 ribu setiap orang. Bantuan tersebut sedikit membantu meringankan beban hidup mereka seperti yang disampaikan salah seorang janda Mbok Ada RT 03/ RW 02. “Saya bersyukur mendapat tunjangan ini. Uangnya akan kami belikan beras, “katanya polos.

Kepala Desa Gondangrejo, M. Agus Jakfar menuturkan, acara tersebut digelar dengan tujuan membantu meringankan beban hidup anak yatim, lansia dan janda. Khususnya di bulan Syura, diharapkan semua mendapatkan kebahagiaan dunia wal Akhirat seperti yang dialami nabi-nabi yang telah dientaskan oleh Allah dari segala ujiannya. Contoh, Nabi Nuh dikeluarkan dari perut ikan paus. Nabi Ayub dientaskan dari penyakit dan Nabi Musa dibebaskan dari kejaran Firaun.

Dengan memberi santunan ini, harapannya, agar desa juga mendapat keberkahan. Lawan menjadi kawan, dan desa terhindar dari malapetaka hingga desa menjadi damai dan makmur. Memberikan santunan pada anak yatim, merupakan ajaran Rasulullah Muhammad. Hahwa Rasul menjadi bapak anak yatim yang selalu menyantuni anak yatim khusunya di tanggal 10 Muharram. Dan di sunatkan mengusap kepala anak yatim sebanyak 3 kali.

“Hal seperti ini sudah saya buktikan sendiri. Dengan menyantuni anak yatim, semua masalah saya mendapat pertolongan dari Allah. Orang yang belum tahu manfaat ini akan saya beritahu, agar selamat dunia akherat. Karena alam ini hanyalah perjalanan. Sedangkan alam kita yang sebenarnya adalah setelah kematian atau akhirat.

Peringatan hari besar Islam tersebut menjadi ramai dengan tausyiah dari Ustad Hamim, Gus Nur Majid, dan Gus Lukman. dihadiri mitra pemerintah desa dari unsur Muspika, ketua RT/RW, 5 anggota BPBD, 45 Anggota PKK , dan.LPM.” Kegiatan ini setiap tahun kami tingkatkan baik jumlah penerima, maupun nilai santunannya, “ujar Kades 2 periode ini. (koj/mul/red.)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply