BeritaBirokrasiTerkini

Warga 10 Desa Unjuk Rasa Depan Kantor Bupati Pasuruan, Tolak Relokasi

26Views

PASURUAN, Siaranpublik.com-

Ribuan warga 10 desa di Kecamatan Lekok dan Kecamatan Nguling,  Kabupaten Pasuruan, Rabu (4/9/2019) pagi, unjuk rasa di depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Pasuruan di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan.

Aksi warga ini sebagai bentuk penolakan rencana relokasi. Warga melakukan long march. Start dari kisaran Jl Veteran kemudian jalan kaki hingga ke Kantor Bupati yang berjarak sekitar 1,5 km.  Dalam rombongan ada mobil Pick up yang dilengkapi dengan pengeras suara. Mereka menggotong  kerandan mayat sebagai bentuk matinya harapan warga.

Sepanjang jalan dan di depan Kantor Bupati,  mereka mereka membentangkan spanduk dan poster  yang bertuliskan, “Pak Jokowi Dimana, Kami Disini Butuh Kehadiranmu, Kami Menolak Relokasi, Tolak Relokasi Sampai Malaikat Izroil”.

Dalam orasinya ratusan masa melakukan istighosah di depan pintu gerbang Kantor Pemkab. “Kami menolak relokasi, kami minta Bupati temui kami,” salah satu orasinya.

Kemudian 10 orang perwakilan  warga  diterima oleh Wakil Bupati KH.  Mujib Imron (Gus Mujib), Asisten 1 Anang Saful W dan Sekda Agus Setiaji. Aspira warga tersebut, diterima.

Lasminto sebagai korlap aksi meminta pemerintah daerah mendengar aspirasi warga.  “Kami berharap ada hasil yang positif untuk warga Alas Tlogo dan sekitar, ” ujarnya.

Dalam menanggapai aksi tersebut Asiten 1,  Anang Saiful mengatakan, pemerintah daerah  akan lakukan koordinasi dengan pemerintah propinsi agar manti ada hasil yang positif.

Seusai mediasi Wakil Bupati langsung menuju aksi uras dan membacakan hasil mediasi, antara lain.
1. Pemda menolak rencana Relokasi yang akan direncanakan TNI AL.
2. Pemda akan melindungi Masyarakat.
3. Pemda akan menfasilitasi secara aktif dengan mengkoordinasikan dengan pemprof terkait sengketa tanah.

Gus Mujib imron mengatakan, Bupati dan Wakil Bupati tidak benar melakukan relokasi terhadap warga Lekok dan Nguling.

“Kami berharap ada penyelesaian yang baik sehingga mampu membawa kemaslahatan warga Lekok dan Nguling” pungkas Gus Mujib Imron.

wartawan : sasmita

editor .        : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply