BeritaBirokrasiTerkini

Tingkat Kebocoran Air PDAM Kota Pasuruan Masih Tinggi

14Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Salah satu masalah pelik yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pasuruan adalah tingkat kebocoran yang masih tinggi yakni 28 %. Tingkat kebocoran sebesar itu, berdampak pada menyusutnya volume pasokan air ke pelanggan, sehingga pasokan air sering tersendat. Bahkan di kawasan tertentu air mengalir hanya di jam jam tertentu. Atau banyak warga mengistilahkan dengan sebutan “air jam-jam”.

Akibat kebocoran tersebut juga berimbas pada berkurangnya pendapatan PDAM. Sehingga selama ini hanya bisa untuk menghidupi dirinya sendiri. Tidak dipungkiri, belakangan ini, sejak dipimpin oleh direktur Robert Balbut, perusahaan plat merah tersebut menyumbang pendapatan asli daerah ( PAD). Walau mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya, tapi tetap saja nilainya masih kecil dan jauh dari yang diharapkan.

Masalah klasik tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusinya. Menurut direktur PDAM Kota Pasuruan Robert Balbut, persoalan yang paling utama adalah kebocoran pada pipa peninggalan Belanda. “Tidak mungkin pipa tersebut dibongkar karena kondisinya sudah rapuh di dalam tanah. Kemungkinannya, harus diganti dengan pipa baru. Itu pun tidak mudah. Jaringan yang begitu rumit, akan memakan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit, “ucapnya.

Faktor penyebab kebocoran lainnya adalah, pencurian. Diduga sangat banyak praktik pencurian air dengan cara menyudet pipa sebelum meter air. Sebagai gambaran, PDAM menemukan praktik pencurian air di Kelurahan Panggungrejo. Tidak tanggung-tanggung, ditemukan100 sambungan lebih pelanggan yang melakukan pencurian. Namun tindakan yang diambil manajemen PDAM masih terhitung lunak, hanya memutus sambungan dan tidak melakukan upaya hukum. Diduga, di kelurahan lainya juga banyak terjadi praktik serupa.

“Ke depan, kami akan bekerjasama denga Polisi untuk menangani secara hukum praktik pencurian air untuk menekan tingkat kebocoran hingga 20 % sesuai toleransi yang di dibolehkan pemerintah, “tegas Robert Balbut.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply