BeritaPolitikTerkini

Nasdem Gandeng Hanura Bikin Fraksi Gabungan, Nasib PDIP Kota Pasuruan Belum Jelas

16Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Anggota DPRD Kota Pasuruan periode 2019-2024 sudah dilantik tanggal 30 Agustus kemarin. Alat kelengkapan dewan pun segera dibentuk. Partai-partai yang memiliki 3 kursi lebih, seperti PKB, Golkar, Hanura, Gerinda dan PKS, sudah bisa membentuk fraksi.

Sedang partai yang kursinya kurang dari 3, seperti PAN, PPP, PDIP dan Partai Nasdem, terpaksa gabung dengan partai lain membentuk fraksi gabungan. PAN (2 kursi) dan PPP (1 kursi) keduanya sudah memastikan bergabung.

Kabar terkini, diluar dugaan Partai Nasdem bergabung dengan Partai Hanura. Ketua DPD Partai Nasdem Kota Pasuruan, Hasjim Asjari mengatakan, keputusan partainya bergabung dengan fraksi Hanura merupakan keputusan pusat. “Melihat dinamika politik di daerah, pimpinan kami dipusat memutuskan, Partai Nasdem Kota Pasuruan bergabung dengan Fraksi Partai Hanura, ” jelas Hasjim, sambil menunjukkan surat keputusan Partai Nasdem terkait pembentukan Fraksi, dari ponselnya.

Akibat ditinggal Partai Nasdem, nasib PDIP jadi tidak menentu. Belum jelas mau ke mana partai banteng moncong putih akan berlabuh. Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, yang juga Wakil Wali Kota Pasuruan, ditanya soal kemana partainya bakal berlabuh. Dia hanya menjawab, tunggu saja nanti. Semuanya masih pada tingkat pembicaraan pimpinan.

Akibat manuver politik Partai Nasdem, jumlah fraksi DPRD Kota Pasuruan hanya 6 fraksi. Sama dengan periode sebelumnya. Prediksi publik berdasarkan kalkulasi politik semula menduga bakal muncul 7 fraksi, akhirnya tumbang.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply