BeritaBirokrasiTerkini

Pemberian Remisi 370 Napi Lapas Kelas IIB Pasuruan

39Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74, Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, memberian remisi umum kepada narapidana dan anak. Sebanyak 370 orang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pasuruan mendapat remisi (pengurangan masa hukuman). Ada yang memperoleh 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan.

Tampak hadir Ketua DPRD, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Ketua MUI, Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pasuruan beserta keluarga besar, danĀ  warga binaan.

Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dibacakan Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST, pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu.

Remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional.

Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum/norma yang ada sebagai bentuk tanggungjawab, baik kepada Tuhan Maha Pencipta maupun kepada sesama manusia.

Lebih lanjut dikatakan, kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang pada hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas hari ini, diucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagai landasan dalam menjalani kembali kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat.

Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan. Selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemasyarakatan yang dengan tulus ikhlas mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa.

Seusai upacara diteruskan dengan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Kota Pasuruan dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan, Perjanjian Kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan tentang pengelolaan dan pengembangan kegiatan perpustakaan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan serta Perjanjian Kerjasama antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan dengan PT. Behaestex dan MUI tentang Kerjasama Keterampilan Pembinaan WBP pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan. (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply