BeritaTerkiniTNI POLRI

Tiga Spesialis Pembobol Toko dan Bengkel Dirinkus Tim Resmob Polresta Pasuruan

61Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Tim Resmob Polres Pasuruan Kota, berhasil meringkus tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat spesialis ruko dan rumah kosong. Ke 3 pelaku ditangkap di rumahnya masing-masing. Yaitu di dalam rumah terletak di Jl Halmahera, Kelurahan Tamba’an (Kec. Panggungrejo)  Jl Sulawesi, Kelurahan Trajeng (Kec. Panggungrejo) dan Jl Laksamana Martadinata, Kelurahan Mayangan (Kec. Panggungrejo) Kota Pasuruan.

Karena perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP, tentang lencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Kini ketiganya dijebloskan ke tahanan Mapolresta.  Guna pengembangan kasusnya mereka masih dalam pemeriksaan.

Kronologis,Jum’at (3/5/2019), di Toko Sinar Jaya No. 82 Jl Soekarno Hatta No. 82, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, telah digarong orang tak dikenal.  Toko ini milik ANDRI SANTOSO (40) warga Jl Sulawesi No. 39 Rt/Rw 02/07 Kelurahan Trajeng (Kec. Panggungrejo).

Tersangka RUDI HARTONO (29) pengamen asal Jl Sulawesi Rt/Rw 01/02 Kelurahan Trajeng (Kec. Panggungrejo), ACHMAD MAULANA (30) sopir beraamat Jl Halmahera Rt/Rw 05/04 Kelurahan  Tamba’an (Kec. Panggungrejo) dan MUKHAMAD FAJAR SODIQ (44), satpam SMPN 2 Kota Pasuruan, tinggal di Jl Laksamana Martadinata Rt/Rw 04/01 Kel. Mayangan (Kec. Panggungrejo).

Sekitar pukul 06.30 korban datang untuk membuka toko. Awalnya tidak curiga karena tidak ada kerusakan di pintu depan. Begitu  masuk dan menuju pintu kedua terbuat dari kayu,dia  melihat kondisi pintu sudah terbuka dan engsel rusak.

Korban pun naik ke lantai 2. Ternyata  pintu besi juga terbuka. Kondisi dalam toko berantakan serta ditemukan knalpot di depan pintu menuju pintu lantai 2 yang diduga digunakan pelaku  untuk merusak pintu. Aksi mereka terekam jelas di CCTV yang ada dalam ruangan.

Setelah dicek ada beberapa barang telah hilang. Yaitu,  2 Accu berbagai merk dan mesin Bor merk Bosch. Nilai kerugian sekitar Rp 12.000.000,-.

“Pelaku memanjat dinding dan merusak pintu toko lalu mengambil barang-barang berupa dalam toko.  Barang bukti yang diamankan berupa1 buah kendaraan Tossa, 1 buah obeng,  2 buah linggis,” terang AKP Endy Purwanto, SH, Kasubbag Humas Polresta Pasuruan.

Pada  Kamis (9/5/ 2019) sekira pukul 00.15 Wib, di Perbengkelan Bumi Karya Jl A Yani No. 226 Kel. Karangketug Kec. Gadingrejo Kota Pasuruan, terjadi pencurian. Korbannya, LILY LUSIANA (43) warga Jl Diponegoro No. 32 Rt/Rw 01/11 Kel. Kebonsari (Kec. Panggungrejo). Rudi Hartono dan Maulana mencuri sarang burung walet sekitar 4 ons.

Berikutnya pada Jum’at ( 31/5/2019) sekira jam 08.30 Wib, mencuri di Toko Bintang jaya Jl Raya Soekarno Hatta No.75-77 Kel. Trajeng Kecamatan  Panggungrejo. Korbannya, INEKE LINDAWATI  (38) warga  Jajartunggal Utara 6/I-12 Rt/Rw 03/05 Kelurahan Jajartunggal, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya

Tersangka  RUDI HARTONO dan MAULANA serta  DL dan AR (belum tertangkap), membobol Toko Bintang jaya Jl Raya Soekarno Hatta No.75-77 Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo. Mereka bawa uang tunai sekitar Rp 21  juta rupiah. “Masih banyak lagi aksi para pelaku ini, ” papar Endy.  (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply