BirokrasiPolitikTerkini

KPU Kota Pasuruan Tetapkan Anggota DPRD Yang Akan Dilantik

31Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Meski tertunda akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan dapat menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Pasuruan Dalam Pemilu Tahun 2019, di salah satu hotel di Kota Pasuruan, Senin (22/07/19) malam.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari dipidato pembukaannya menjelaskan, penundaan Rapat Pleno Penetapan yang seharusnya di laksanakan tanggal 14 Juli lalu ditunda karena ada SGHP (Sengketa Gugat Hasil Pemilu) untuk Pemilihan legeslatif DPRI dapil 2 Jawa Timur Kota/Kabupaten Pasuruan-Probolinggo.

“MK wajib menyelesaikan SGHP maksimal 14 hari sejak sidang digelar pada tanggal 09 Juli lalu. Itu amanat Undang-undang, oleh sebab itu, hari ini (23/07/19), tepat di hari yang ke 14 hari sejak sidang SGHP digelar, kami bisa menggelar pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, ” jelasnya.

KPU membacakan kembali hasil rekapitulasi perolehan suara dan calon terpilih (form E1). Tidak ada yang berubah di penetapan perolehan kursi dan calon terpilih. Semua sama dengan penetapan rekapitulasi hasil pemilu oleh KPU bulan April lalu.

Acara berjalan lancar, tidak ada satupun sanggahan yang disampaikan pimpinan parpol atau Bawaslu. Penetapan tersebut bisa diterima dengan ditandai penandatanganan berita acara penetapan oleh saksi parpol.

Di akhir acara, Royce mengingatkan kepada calon terpilih untuk menyetorkan tanda terima LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara). Karena menurut aturan, 7 hari setelah penetapan, KPU sudah harus mengumpulkan tanda terima LHKPN calon terpilih.

Setelah penetapan dan LHKPN calon terpilih terkumpul, sekitar 8 hari sejak penetapan, KPU melaporkan kepada walikota, SK Penetapan nama-nama calon terpilih, dokumen dan syarat pelantikan, termasuk juga nama-nama anggota dewan yang habis masa jabatannya. Setelah itu walikota melaporkan ke gubernur. “Setelah penetapan, 8 hari kemudian kami akan melapor ke kepala daerah untuk
menyampaikan SK Penetapan nama-nama calon terpilih. DanTahapan terakhir adalah mencabut SK anggota lama karena habis masa tugasnya dan melantik anggota DPRD terpilih pada tanggal 30 Agustus 2019, “terang Royce.

Perolehan kursi parpol di pemilu legeslatif tahun 2019 hasil penetapan KPU Kota Pasuruan, Partai PKB memperoleh 8 kursi, Partai Golkar memperoleh 7 kursi, Partai Hanura 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi, PDIP 2 kursi, Partai Nasdem dan PPP masing-masing satu kursi.

Berikut nama-nama calon terpilih;
* Dapil Panggungrejo :
1. H. M. Nawawi, (PKB)
2. M. Machfudz, SH.M.Hum. (PKB)
3. H. Sufiyan, (PKB)
4. Mazrul Afiyanto, SE (Gerindra)
5. M. Arief. (PDIP)
6. Dedy Cahyo Purnomo. (Golkar)
7. M. Syaifuddin (Golkar)
8. H. Imam Joko S Nugroho.(PKS)
9. Helmi, Spd (PAN)
10. M. Sulaiman. (Hanura)

*Dapil Bugul kidul :
1. H. Ismail Marzuki H, SE (PKB)
2. Hj. Miftahul Jannah, SE (PKB)
3. M. Rusdy Salam, Spd (Golkar)
4. Sabilal Arsyad T, SE. ( OKS)

*Dapil Purworejo :
1. Abd. Junaedi, ST. (PKB)
2. Dr. Soemarjono, (Gerindra)
3. Suharsono, (PDIP)
4. H. Tampi Arto. (Golkar)
5. Yanuar Priambodo. (Golkar)
6. H.M. Hasjim Asjari. (Nasdem)
7. Drh. Ismu Hardiyanto. (PKS)
8. H. Aris Budi Prasetyo. (PAN)
9. Abd. Ghofur. (Hanura)

*Dapil Gadingrejo :
1. M.Yasin. (PKB)
2. H. Sugiarto, MM. (PKB)
3. Tutur Anjar D. (Gerindra)
4. Sudirta. (Golkar)
5. M. Toyib, SH (Golkar)
6. Aris Ubaidillah. (PPP)
7. Farid Misbah. (Hanura)

wartawan : mulyo prabowo

editor.         : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply