BeritaPolitikTerkini

DPRD Kota Pasuruan 2019-2024 Bakal Punya 7 Fraksi

26Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Para elit partai di Kota Pasuruan sudah melakukan lobi-lobi politik guna menyiapkan alat kelengkapan dewan. Salah satunya adalah pembentukan fraksi. “Walau anggota DPRD Kota Pasuruan hasil pemilu tahun 2019 belum dilantik (pelantikan tanggal 30 Agustus), namun elit partai sudah melakukan lobi-lobi politik untuk membentuk fraksinya, ” ujar Sumarjono, legislator Partai Gerindra.

Menurut beberapa sumber, partai-partai sudah mengkristal bakal ada 7 fraksi. Artinya, di DPRD Kota Pasuruan tambah satu fraksi dari sebelumnya ada  enam fraksi. Ada lima fraksi satu parpol dan dua Fraksi gabungan parpol. Fraksi satu parpol adalah fraksi yang dibentuk satu partai politik yang memiliki tiga kursi lebih. Dan fraksi gabungan yaitu, parpol yang memiliki kurang dari tiga kursi.

Parpol yang membentuk fraksi sendiri yaitu, PKB dengan 8 kursi, Partai Golkar tujuh kursi, Partai Hanura tiga kursi, PKS tiga kursi dan Partai Gerindra tiga kursi. Sedang fraksi gabungan mengkristal sesuai dengan platform politiknya. Dua partai nasionalis PDI P dan Partai Nasdem kemungkinan besar bergabung menjadi satu fraksi. Partai religi Islam PAN dan PPP hampir bisa dipastikan membentuk satu fraksi. Namun elit partai dari dua fraksi ini belum menyebut nama fraksinya.

Aris Budi, legeslator PAN membenarkan jika partainya bakal bergabung dengan PPP. Namun Dia tidak mau menyebut nama fraksinya. “Sepertinya PAN akan bergabung dengan PPP membentuk fraksi gabungan. Tapi nama fraksinya apa saya tidak tahu, ” ucapnya.

Ketua Partai Nasdem Kota Pasuruan, Hasjim Asjari, dihubungi lewat media sosial wathsapp tidak memberi komentar sama sekali. Begitu juga dengan elit PDIP juga sulit dihubungi.

“Dengan terdapat tujuh fraksi, dinamika politik di Kota Pasuruan akan lebih dinamis,” ucap Sumarjono dari Gerindra.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply