BeritaBirokrasiTerkini

Wakil Walikota Pasuruan Hadiri Jaringan Kota Pusaka Indonesia VII Di Bali

57Views

BALI,  Siaranpublik.com

Kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Ke VII Tahun 2019 dilaksanakan di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.JKPI tersebut dimulai Jum’at sampai Senin (21 – 24/6/2019). Pembukaan diawali dengan Jamuan Makan Malam (Welcome Dinner) di Pendopo Puri Lembu Agung Kota Amlapura, Kabupaten Karangasem.

Dalam Jamuan Makan Malam dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, Staf Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Bupati dan Walikota anggota Presidium JKPI, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, Direktur Eksekutif JKPI, Ketua BBPI, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, dan Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Karangasem, Bupati dan Walikota Se-Indonesia, Pimpinan Instansi vertical BUMN dan BUMD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, ST beserta Ibu hadir dengan didampingi didampingi Asisten I, Kepala OPD dan Pemerintah Kota Pasuruan dan Camat Se-Kota Pasuruan. Menurut Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos, MAP, kegiatan JKPI ke VII ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Karangasem sebagai tuan rumah dan dipercaya untuk menyelenggarakan JKPI Ke VII tahun 2019.

Kata Bupati,   JKPI ini juga digelar Budaya Nusantara, Pameran Pusaka Nusantara, Pawai Budaya Nusantara dan Rakernas VII JKPI.  Kabupaten Karangasem sendiri merupakan Kota Pusaka yang memiliki keragaman aset sosial, pusaka dan ada 5 Puri, aset Taman Sukamade yang memiliki panorama yang luar biasa. Ada juga wisata spiritual dan tarian yang diakui oleh UNESCO.

Disamping itu, ada Puri Pusat Pemerintahan waktu Karangasem masih berbentuk kerajaan. Masih kata Bupati, Kabupaten Karangasem juga memiliki pusaka alam, yakni Bukit Jambul dan Pura Besakih terbesar di Provinsi Bali bahkan di dunia. Bentang alam sawah yang cukup luas, ada juga peninggalan bawah laut (Kapal Liberty).

Lalu, Pohon Kepel umurnya ratusan tahun yang merupakan maskot flora dan disakralkan, pariwisata spiritual berbasis adat, desa wisata dan masih banyak lagi aset pusaka yang dimiliki Kabupaten Karangasem. “Kabupaten Karangasem merupakan spiritnya Bali,” pungkas Bupati. Seusai sambutan diteruskan dengan penyerahan buku master class JKPI dari Walikota Surakarta, Bupati Siak, Direktur Eksekutif JKPI diberikan ke Bupati Karangasem.

Buku master class JKPI merupakan buku kumpulan dan informasi pusaka dari masing-masing Kabupaten dan Kota anggota JKPI. Dalam acara Jamuan Makan Malam tersebut juga ada penyerahan cindera mata dari semua anggota JKPI diberikan kepada Bupati Karangasem dan penyerahan cindera mata dari Bupati Karangasem kepada semua anggota JKPI. (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply