BeritaBirokrasiTerkini

Tidak Puas Hasil Interpelasi, 5 Fraksi DPR Kota Pasuruan Ajukan Hak Angket

52Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Pemanggilan Wakil Walikota Pasuruan guna dimintai penjelasannya kaitan dengan mutasi gate, digelar Jumat (17/5/2019). Sebagaian besar fraksi menilai Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo terburu-buru melalukan penyegaran ASN atau biasa disebut dengan mutasi.

Pendapat mayoritas fraksi tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna Hak Interpelasi tadi siang. Hak bertanya anggota DPRD Kota Pasuruan kepada Wakil Walikota, terkait dengan mutasi 147 ASN yang dinilai kotroversi, berlangsung dengan bermacam pertanyaan. Dan jawaban Teno (sapaan akrab Raharto Teno Prasetyo), terkesan nornatif dan tidak memuaskan ke 5 fraksi (FPG, FPKS, FPKB, FAIR dan FPGN).

Oleh karena itu, FPG dan FPKS mengusulkan hak politiknya yang lebih tinggi, yaitu hak angket. Seperti yang disampaikan oleh FPKS, Ismu Hardiyanto. Ia menyebut, jawaban Teno hanya normatif dan tidak memuaskan.

“Melihat dan mendengarkan jawaban Teno yang kurang pas dan tidak memuaskan, kami mengusulkan hak politik yang lebih tinggi yaitu hak angket, ” tegasnya.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, H Ismail M Hasan mengatakan, untuk menuju ke hak politik yang lebih tinggi yaitu hak angket itu bisa saja, tapi kita pelajari dulu syaratnya. “Untuk ke hak angket kita akan pelajari dulu, apakah ada masalah hukum yang ditabrak atau tidak. Karena hak angket adalah hak menyelidiki masalah dan aturan hukum yang ditabrak oleh Wawali, ” jelas Ismail usai acara paripurna interpelasi.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply