BeritaTerkini

FKUB Kota Pasuruan Sebarkan Persahabatan dan Perdamaian

33Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Pasuruan menyebarkan  persahabatan dan kedamaian kepada elemen masyarakat Pasuruan. Hal ini ditunjukan dalam acara cangkru’an di Gereja Katholik Antonio Padova, Kota Pasuruan, Senin (13/05/19). Acaranya dikemas dengan bentuk “Safari Ramadhan Silahturahmi Antar Umat Beragama, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Pasuruan”.

Maksud dan tujuan acara ini adalah sarana berbagi dan saling kenal satu dengan yang lainya dalam rangka membangun persaudaraan sebangsa. Ketua Panitia, Yosef, mengatakan acara ini dalam rangka mempererat tali sulaturahmi antar umat beragama dan membangun persaudaraan masyarakat Pasuruan yang berbeda etnis, agama dan kepercayaannya.

Sedang Pemimpin Umat Khatolik Kota Pasuruan, Romo Widodo, menilai kegiatan ini suatu yang indah dan menjadi satu bangunan sebuah bangsa yang damai. Romo usul bentuk yang nyata dari konteks toleransi yaitu gotong royong untuk meningkatkan persaudaraan sebangsa dan se tanah air.

Acara cangkrukan ini dihadiri oleh seluruh komponen agama di Kota Pasuruan (Islam, Khatolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu). Ada juga dari Kesbang Kota Pasuruan. Dalam cangkruan ini terbangun dialog dan berbagi informasi. Pimpinan Hindu Dharma, Puthu, mengaku nyaman dan tidak sendiri di Kota Pasuruan.

“Saya sekarang merasa tidak sendiri. Ada saudara dari berbagai agama yang mau berbagi dengan kami dan memahami kami, ” ucap Puthu.

Ketua FKUB KH. Ali Igbal, di kesempatan ini, mengulas puasa dari perspetif Islam. Menurutnya, puasa itu universal. Semua agama memiliki ajaran puasa.  Hanya tata caranya yang beda. “Sebagai makhluk Tuhan, kita membangun hubungan antar manusia untuk saling megenal dan menghormati. Tapi cara mendekatkan diri ke Tuhan, itu urusan pribadi, ” pesannya.

wartawan : mulyo prabowo

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply