BeritaTerkini

Warga Desa Luwung Geruduk Pabrik Alumunium

43Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Terkait permasalahan limbah yang mencemari lingkungan Desa Luwung, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, warga mendatangi PT Sido Agung Alumi (SAA) yang memproduksi almunium, Kamis (9/5/2019) siang.

Ada dugaan PT SAA telah melakukan pembuangan limbah di desa tersebut sehingga merusak lingkungan. “Saya yang terkena imbasnya. Sejak PT SAA berproduksi, biota air sungai sudah banyak yang mati,” ucap Yudha, salah satu wakil warga.

Kata Yudha, warga hanya ingin kondisi air dan sungai normal kembali. Karena warga  minum dan mandi pakai air sumur yang diduga sudah tercemar.  Pihak warga yang terkena imbas akibat pembuangan limbah tersebut menagih janji PT SAA yang akan memberikan hasil Laboratoriumnya.

Akan tetapi pemberian hasil LAB tersebut tidak pernah ada.  Merasa dibohongi oleh pihak PT SAA wargapun mendatangi dan mencoba melakukan pengambilan contoh limbah untuk dilakukan uji LAB untuk memastikan kadar limbah.

Beberapa perwakilan warga ditemui oleh HRD PT  SAA yang terkesan saling lempar tanggung jawab. Janji pemberian bukti hasil uji LAB yang dijanjikan tidak jelas jluntrungnya.

Dinilai janji PT SAA palsu, Yudha dan warga akan melakukan uji LAB untuk dilakukan cek and Balance terkait limbah PT SAA “Dan kami akan melakukan hearing ke DPRD terkait pembuangan limbah PT SAA yang diduga telah mencemari lingkungan.

wartawan : sasmita

editor.          : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply