BeritaTerkini

Harga Sembako Naik Hingga 5 Persen, Khusus Bawang Putih Naik Hingga 200 Persen

37Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Harga bawang putih di pasar-pasar tradisional Pasuruan terus merangkak naik. Tiga minggu terakhir ini harga bawang putih naik sekitar 200%. Di Pasar Besar Kota Pasuruan (Minggu, 05/05/19) harganya tembus Rp 70 ribu per kilonya. Naik 250% dibanding harga nornal Rp 19 ribu hingga Rp 20 ribu per kilonya, tiga minggu lalu.

Di Pasar Bangil Kabupaten Pasuruan, harga bawang putih setiap minggunya naik hingga 100%. Di hari Jumat (03/05/19) harga bawang putih Rp 60 ribu per kilo. Kepala Pasar Bangil Zainun membenarkan ada kenaikan harga bawang putih yang sangat cepat. Dari pantauannya, setiap minggu ada kenaikan sebesar 100%.

Penyebab kenaikannya, tidak ada kiriman dari daerah produsen bawang putih. Yaitu, daerah Lamongan dan Nganjuk. “Tidak ada kiriman dari daerah produsen bawang putih. Penyebabnya apa, saya tidak tahu. Mungkin gagal panen akibat musim hujan atau sebab lainnya, ” ucapnya.

Lanjutnya, pasar-pasar di Pasuruan mengalami hal yang sama. Pada umumnya, harga barang kebutuhan pokok memang mengalami kenaikan saat menjelang bulan puasa. Namun kenaikannya hanya sekitar lima persen. Tidak seperti kenaikan harga bawang putih, sangat cepat dan relatif tinggi, sekitar 200%.

UPT Pasar Bangil terus memantau perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan hasilnya setiap hari dilaporkan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pasuruan. Dan diteruskan ke Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur. “Upaya menstabilkan harga, masih menunggu kebijakan pemerintah, ” ujar Zainun.

wartawan : mulyo prabowo

editor.         : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply