BeritaPolitikTerkini

Rekapitulasi Tingkat Kecmatan Serentak Digelar di Kota Pasuruan

21Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan pada pemilu 2019 di Kota Pasuruan, berlangsung serentak, Sabtu (20/04/2019). Empat kecamatan yakni, Panggungrejo, Bugul Kidul, Purworejo dan Gadingrejo. Di ke empat kecamatan ini juga serentak digelar Rapat Pleno rekapitulasi suara. Acara dimulai pukul 08.00.

Komisioner KPU Bashori mengatakan, penghitungan dibagi menjadi 3 panel atau tiga kelompok rekap suara. Ketiga kelompok tersebut secara bersamaan merekap perolehan suara di TPS tiap-tiap kelurahan. Model penghitungan tiga panel ini, mempercepat proses penghitungan suara. “Rekapitulasi suara di tingkat kecamatan kami bagi menjadi tiga panel untuk mempercepat penghitungan suara, ” kata Bashori.

Tahapan rekapitulasi menurut agenda KPU Kota Pasuruan, dijadwal mulai tanggal 18 April hingga tanggal 04 Mei. Namun baru dimulai hari Sabtu (2)/04). Ada Jedah dua hari. Dan ini dimanfaatkan oleh petugas PPK untuk beristirahat setelah semalam suntuk  mengikuti penghitungan suara di TPS. “Rekapitulasi di tingkat kecamatan digelar hari Sabtu, ada jedah dua hari untuk memberi kesempatan istirahat bagi petugas PPK. Lagi pula hari Jumat adalah hari libur nasional, ” ucap Fuad Fathoni, Ketua KPU Kota Pasuruan.

Proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan diprediksi oleh komisioner KPU Mulyadi, akan rampung selama empat hari. “Saya prediksi rekapitulasi suara selesai dalam empat hari, ” yakinnya.

Lanjut Mulyadi, jika selesai dalam waktu empat hari, rapat pleno rekapitulasi suara tingkat KPU akan digelar tanggal 28 April mendatang. Tapi kalau molor, masih ada waktu hingga tanggal 04 Mei 2019.

Hingga pukul 15.00 WIB, rekapitulasi suara masih berlangsung. Penghitungan diprediksi tidak akan selesai hari ini. Rencananya, menurut kesepakatan PPK , Panwascam dan saksi Parpol, proses rekap akan ditutup jam 23.00 WIB dan dilanjut besok hari Minggu. Sejauh ini, proses rekapitulasi di empat kecamatan tidak ditemui kendala atau kejadian yang menonjol

Untuk menjamin keamanan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, beberapa personil kepolisian bersenjata lengkap, TNI dan linmas masih terlihat stand by di lokasi.

wartawan : mulyo prabowo

editor .        : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply