BeritaPolitikTerkini

KPU Kota Pasuruan Entry Data Dari TPS-TPS

18Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

KPU Kota Pasuruan melakukan entry dan pindai fomulir model C dan C1 Pemilu tahun 2019 pada aplikasi Situng. Petugas memasukkan data dari hasil penghitungan suara di TPS pada pilihan presiden, DPD, legeslatif (Pileg) DPR-RI, DPRD Provinsi Jawa Timur dan pileg DPRD Kota Pasuruan yang dilangsungkan serentak, ke dalam sistem aplikasi Situng.

Aplikasi ini bisa langsung memberikan informasi berupa data hasil rekapitulasi suara dalam bentuk grafik atau tabel. Dan terkoneksi langsung ke KPU pusat. Masyarakat bisa langsung mengakses aplikasi ini di website KPU Kota Pasuruan.

Namun, proses entry data C dan C1 tidak secepat yang diharapkan  Panitia Pemungutan Suara (PPS). Di tiap kelurahan rata-rata terlambat setor form C dan C1 ke KPU. PPS datang bergelombang ke KPU dari Kamis (18/04/2019) pagi, hingga pagi dini hari, Jumat (19/4/2019) pukul 03.00. Keterlambatan ini dampak dari proses penghitungan suara di TPS yang butuh waktu lama sekitar 12 jam. Penghitungan dimulai dari pukul 13.00 siang, selesai sampai pukul 04.00.

Pemilu serentak Pilpres, DPD, Pileg DPR-RI, Pileg DPRD provinsi, dan Pileg DPRD kota/kabupaten, baru kali ini diterapkan. Biasanya yang dicoblos hanya 4 model kartu suara, sekarang ditambah satu lagi model kartu Pilpres, menjadi 5 model kartu suara. “Pemilu kali ini kartu suaranya lebih banyak. Yang repot lagi, tanda tangannya sangat banyak. Ini yang makan waktu, ” ujar Angga, salah seorang petugas KPPS di TPS 23 Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo.

wartawan : mulyo prabowo

editor .        : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply