BeritaBirokrasiTerkini

Kurang 5 Bulan, Pilakdes 16 Desa Di Winongan Belum Ada Persiapan

55Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Sebanyak 16 desa di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan,  akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada bulan Oktoner 2019. Dari 18 desa, tersisa dua desa yang tidak ikut Pilkades. Yaitu Desa Kedungreejo dan Sumberrejo. Pasalnya, kedua desa tersebut telah mengikuti Pilkades serentak pada tahun 2015 lalu.

Walau pelaksanaannya tinggal 5 bulan, tapi panitia pelaksana Pilkades belum dibentuk. Menurut Camat Winongan, Tectona, pembentukan panitia masih menunggu keputusan Bupati Pasuruan. Otomatis, aturan dan tahapan-tahapan pelakdanaan Pilkades hingga kini belum bisa disusun.

“Sampai saat ini Bupati Pasuruan, H. Irsyad Yusuf, belum mengeluarkan surat keputusan Soal Pilkades. Mungkin setelah gawe politik nasional tanggal 17 April nanti, ” ucap Tectona.

Disisi lain, tokoh masyarakat Winongan, Sugiarto, menyayangkan pihak pemerintah yang hingga kini belum mengeluarkan surat keputusan terkait pelaksanaan Pilkades. “Saya sayangkan, kenapa Bupati Pasuruan belum mengeluarkan keputusan terkait Pilkades. Waktu tinggal 5 bulan. Dikhawatirkan, dengan waktu yang mepet ini, akan berpengaruh negatif pada pelaksanaan Pilkades, ” ujar Caleg salah satu parpol ini.

Beberapa kepala desa (Kades) yang akan mencalonkan lagi, hanya pasrah pada pemerintah soal pelaksanaan Pilkades. “Kami hanya ikut pemerintah soal pelaksanaan Pilkades, kapanpun kami siap, ” ujar salah satu kades yang enggan namanya ditulis, usai rapat di kantor Kecamatan Winongan.

wartawan : mulyo prabowo

editor .        : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply