BeritaTerkiniTNI POLRI

Pilpres Kisruh, Polres Pasuruan Kota Kerahkan Kekuatan Penuh

80Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Calon Presiden No 05 dari Partai Ramesta (Ora Mesti oleh Tanggapan) terancam keselamatannya. Dia diserang seseorang dengan sebilah golok saat melakukan orasi politiknya di pelataran gedung Harmoni, namun aparat kepolisian dengan sigap mengagalkan aksi teror tersebut.

Kejadian tersebut adalah penggalan cerita dari aksi anggota Polres Pasuruan Kota dalam memerankan cerita simulasi pengamanan pemilu tahun 2019 mendatang. Cerita simulasi didesain persis sesuai tahapan pemilu. Mulai kampanye terbuka hingga proses penghitungan suara.

Setiap tahapan diceritakan bagaimana giat polisi saat melakukan tindakan di lapangan. Diawali giat edukasi yaitu memberikan penerangan pada masyarakat, tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan. Berikutnya melakukan tindakan preventif, yaitu langkah pencegahan, digambarkan dengan melakukan patroli secara kontinyu, dan melakukan dialog dengan pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu.

Tindakan eksekusi tegas dan terukur melumpuhkan dan mengamankan perusuh saat pemilu. Itu ditunjukkan dalam adegan melumpuhkan perusuh. Baik tanpa senjata maupun menggunakan senjata. Simulasi ini juga menujukkan kemampuan pasukan Dalmas menghalau pengunjuk rasa dengan didukung Water Canon milik Polres Pasuruan Kota.

Cerita simulasi pengamanan pemilu tersebut digelar dihadapan Pimpinam Daerah Kota Pasuruan dalam acara, Latihan Sidpamkota Dalam Rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019, Polres Pasuruan Kota, di pelataran Gedung R. Abdurrakhman, Kota Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudarianto, SIK. MM, berpesan pada anak buahnya agar memahami tugas pengamanan pemilu sebagai kehormatan dan sebagai ibadah. “Jalin sinergitas dengan stake holder pemilu, temukan dan tangani serta netralisir keadaan dan tindak tegas setiap pelanggar. Babinkamtibmas dan Babinsa tugasnya untuk menenangkan masyarakat,” pesannya.

wartawan : mulyo prabowo

editor .         : zaelani
.

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply