BirokrasiTerkiniTNI POLRI

HPSN Kabupaten Pasuruan, Satu Desa Satu Bak Sampah

71Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2019 (HPSN)  digelar di halaman Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan,  Sabtu (9/3/2019). Sebagai inspektur upacara Bupati Pasuruan,  HM Irsyad Yusuf dengan diikuti para kepala OPD, Camat dan lurah.

Tekad bersama dalam HPSN adalah Kelola sampah dengan Satu Desa Satu Bank Sampah (SDSBS). Kali ini, sasaran pembersihan sampah di wilayah Kecamatan Sukorejo, meliputi jalan Matoaraya, jalan raya Banggil –  Sukorejo, jalan Pesantren, Pasar Sukorejo, jalan raya Surabaya – Malang, Kampung Tanah Miring dan jalan Stasiun.

Pasukan bersih-bersih ini berasal dari laskar maslahat (pasukan kebersihan Kabupaten Pasuruan), masyakarat desa, anggota PoLsek, Koramil, PGRI dan OPD serta Camat.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah, sosialisasi dan edukasi serta permasalahan sampah dari sumbernya. Tak itu saja, sinergi dari masyarakat dan dunia perusahaan dalam pengolahan sampah. Selanjutnya, untuk mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

“Meningkatkan peran aktif pemda, kecamatan kelurahan/desa serta masyarakat luas dalam mengolah sampah. Terpenting lagi, menanamkan sifat dan perilaku sejak dini pada masyarakat tentang peduli dan pengolahan sampah,” ujar Bupati.

Maka itu, merubah pola masyarakat dari  sekarang dengan gerakan. Di setiap hari Jumat dilaksanakan Jumat bersih, aktifitas gerakan bersih-bersih dan pungut sampah di instansi pemerintah daerah, baik dinas camat, desa dan sekolahan.

wartawan : lukman

editor.         : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply