BeritaBirokrasiTerkini

Menuju Pasar Ber-SNI, Pemkot Pasuruan Gelar Pembinaan dan Penataan Pedagang Pasar Se-Kota

63Views

PASURUAN, Siaranpublik.com

Pemerintah Kota Pasuruan tahun ini melakukan penataan dan pembinaan kepada pedagang pasar se wilayahnya. Upaya ini salah satu perwujudan dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis pada peningkatan perekonomian.

Pembinaan dan penataannya kali ini lebih fokus pada program kebersihan dan ketertiban pasar. Obyek sasaran yaitu penataan, pembinaan, keseragaman dan kedisiplinan pedagang pasar.

Pemerinth Kota Pasuruan  akan mengkaji lebih dalam tentang aspek-aspek pendukungnya. Msalnya, karakter fisik  (lingkungan), karakter ruang dan kualitas (nilai dan makna), karakter potensi sosial ekonomi, karakter masyarakat, segmen pasar, pola penataan psikologis, disiplin tata ruang kota, estetis, pola penyebaran PKL serta pola kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

Oleh karena itu perlu menghimbau bagi para pedagang pasar hendaknya memahami dan menyadari akan arti pentingnya pembinaan, kedisiplinan, pemeliharaan, kebersihan dan kenyamanan.

Dinas Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan, Rabu  (6/3/2019) menggelar tatap muka dengan para pedagang pasar Se-Kota Pasuruan di
Hotel Transit Jalan Soekarno Hatta, Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan, H. Mualif Arif, Sos, MM mengatakan, tujuan diadakan pembinaan ini yakni terjadinya kerjasama antara Pemerintah Kota Pasuruan dengan para pedagang pasar menuju pasar Ber-SNI. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku usaha, pedagang dan konsumen sejumlah 100 pedagang yang berada di kawasan Pasar Besar, Pasar Poncol dan Pasar Gadingrejo.

“Karena sebaik-baiknya bangunan fisik yang disediakan, tidak akan mmpu memberikan dampak yang signifikan tanpa ada perbaikan SDM pengelola dan pedagang pasar.  Harapan kita, mari berdiskusi untuk mewujudkan pasar rakyat yang nyaman, ramah, bersih dan terjangkau sesuai dengan Standarisasi Nasional (SNI),” papar Wakil Walikota. (zaelani)

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply