BeritaBirokrasiPariwisataTerkiniWisata

APEKSI Tonton Kirab Pataka Hari Jadi Kota Pasuruan Ke 333

134Views

PASURUAN, siaranpublik.com

KIrab Hari Jadi Kota Pasuruan ke-333 digelar ,Jumat (08/02/2019) siang.  Kirab diberangkatkan dari kompleks perkantoran Pemkot Pasuruan Jl.  Pahlawan,  pukul 13.30, menuju GOR Untung Surapati.

Peserta kirab diikuti oleh pejabat pemerintahan Kota Pasuruan, juga berbagai komunitas. Ada komunitas tari, albanjari, hingga komunitas sepeda onthel. Barisan Kirab Pataka dibuka oleh aksi spektakuler drum band Genderang Seruling Gita Taruna Jaya Akademi Taruna Angkatan Laut.

Kemudian disusul 333 penari terbang bandung dari murid-murid SD dan SMP se-Kota Pasuruan. Selanjutnya iring-iringan pasukan Surapati yang membawa Pataka dari Raja Mataram, Amangkurat ll. Disambung rombongan Wakil Walikota, anggota DPRD Kota Pasuruan dan Kepala OPD Kota Pasuruan, dan diikuti komunitas Angel Leven dan Kosthi, Komunitas Onthel Pasuruan.

Di tengah rute kirab, tersaji berbagai atraksi hiburan seperti, barongsay, jaran kepang dan tari tradisional. Sehingga masyatakat bisa menikmati hiburan gratis ini di berbagai lokasi sepanjang rute kirab. Iring-iringan Kirab Pataka kali ini lebih pendek dibanding tahun lalu. Meski demikian,  tidak mengurangi antusias warga kota untuk menyaksikan gelaran ini.

Iring-iringan kirab berakhir di GOR Untung Surapati, dilanjutkan dengan.prosesi penyerahan Pataka dari Wironini kepada Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. Pataka dibaca oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan, H. Ismail M. Hasan. Acara prosesi peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ditutup dengan pemukulan alat musik terbang Ishari oleh jajaran Forkopimda Kota Pasuruan.

Prosesi peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan tahun ini terlihat istimewa karena dihadiri tamu undangan kepala daerah sahabat dari berbagai daerah kota dan kabupaten seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota/Kabupaten Seluruh Indonesia (APEKSI).

Wakil Walikota Pasuruan RahartoTeno Prasetyo, dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan perekonomian kota melalui pembangunan pariwisata Kota Pasuruan.

Teno, sapaan akrabnya, juga mengharapkan sinergisitas yang sudah terbangun agar ditingkatkan, sehingga Pasuruan semakin kondusif. “Tantangan terberat kita adalah peningkatan SDM Kota Pasuruan yang berbudaya dan berbudi luhur,” tegasnya.

Teno menambahkan, kirab Pataka adalah momentum untuk memperingati perjuangan Untung Surapati dalam melawan Belanda.
“Dengan tema “Bersama Membangun Kota Pasuruan Yang Lebih Maju Dan Sejahtera”. “Mari kita tingkatkan pembangunan pariwisata Kota Pasuruan.  Juga kita jadikan masyarakat Pasuruan kuat, sehat dan jaya, ” kata Teno.

wartawan : mulyo p.

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply