BeritaBirokrasiTerkini

PU SDA Anggarkan Rp 3 M, Untuk Normalisasi Sungai

91Views

PASURUAN, siaranpublik.com

Dalam melakukan normalisasi sungai guna mengurangi dampak banjir di wilayah Kabupaten Pasuruan, Dinas PU SDA (Pekerjaan Umum Sumber Daya Air) Kabupaten Pasuruan, anggarkan APBD Rp 3 Miliar. Dana sebesar itu  untuk normalisasi seluruh sungai.

Pada tahun 2019 ini PU SDA merencanakan normalisasi sungai sebayak 80 sampai 90 titik di seluruh Kabupaten Pasuruan dan tahun ini lebih banyak dari pada tahun 2018 yang hanya 60 titik.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari PU SDA, bahwa sungai di wilayah Kabupaten Pasuruan banyak yang mengalami pendangkalan serta penyempitan.

Menurut Ir. Hanung, Kepala PU SDA Kabupaten Pasuruan, menjelaskan normalisasi sungai ditersebut diperuntukkan untuk mengurangi dampak banjir, yang sering terjadi dan hampir diseluruh kecamatan di wilayah kabupaten terdampak banjir.

Ia menambahkan, dengan anggaran Rp  3 Miliar tersebut, pihaknya akan mampu dan lebih maksimal dalam melakukan normalisasi sungai karena ada tambahan alat berat.

Dengan tambahan alat berat tersebut akan memudahkan proses untuk mengangkat material sungai. “Dengan tambahan alat berat tersebut titik-titik normalisasi akan yang dikerjakan lebih cepat,” tandas Hanung.

Normalisasi sungai harus terus dilakukan karena setiap banjir selalu memabawa material pasir atau tanah dan sampah yang menyebabkan sungai menyepit dan mengalami pendangkalan.

Ia berharap masyarakat mampu bekerjasama untuk menjaga lingkungan dengan baik dan tidak membuang sampah ke sungai. “Jangan mendirikan bangunan di bantaran sungai yang meyebabkan sungai mengalami penyempitan,” kata Hanung.

wartawan : sasmita

redaksi.      : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply