BeritaTerkini

Antisipasi Banjir, Lurah Karangketug Ajak Kerja Bakti Warga Bikin Tanggul Sementara

90Views

PASURUAN, siaranpublik. com

Hidup di kawasan langganan banjir sangat tidak nyaman. Apalagi jika hujan turun deras dan bersamaan air laut pasang. Perasaan tidak tenang,  karena gambaran terjadi banjir jelas nyata di depan mata. Itulah yang sekarang menjadi kekhawatiran warga di Dusun Rujak Gadung dan Dusun Keradenan serta dusun langganan banjir lainnya di Kelurahan Karangketug,  Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Pengerukan Sungai Welang oleh Balai Pengairan Propinsi Jawa Timur tahun kemarin  sangat mujarab. Sejak itu bila terjadi banjir, air cepat surut. Namun jika hujan turun bersamaan dengan pasangnya air laut, banjir masih kerap terjadi walau volumenya sudah sangat jauh berkurang.

Untuk lebih meminimalisir potensi banjir, Lurah Karangketug, Henry Pahlevi, sudah menemukan biang terjadinya banjir. Oleh karena itu, ia bersama warga berencana melakukan giat kerja bakti pada Minggu (03/02/2019).

Biang banjir yang dimaksud Hery Pahlevi, adalah jebolnya tanggul alam yang terbentuk dari padas di Dusun Keradenan dan dusun Rujak Gadung. “Jika air laut pasang dan bersamaan turun hujan atau mendapat kiriman air dari atas, akan terjadi peningkatan volume air di Kali Welang. Dan air masuk ke perkampungan melalui tanggul yang jebol di dua dusun tersebut,” tutur Hery.

Persiapan sedang dilakukan, termasuk meminta karung ke BPBD Kota Pasuruan. Karung-karung tersebut nantinya diisi pasir dan ditumpuk di bibir Kali Welang di Dusun Keradenan dan Dusun Rujak Gadung sebagai tanggul sederhana.
“Mudah-mudahan, dengan dibangunnya tanggul sederhana tersebut, mampu menekan potensi bajir,” harap Hery.

Hery manambahkan, biang banjir tidak hanya datang dari Dusun Keradenan dan Rujak Gadung. Tapi juga dari Dusun Sempal Wadak. Kalau di Dusun Sempal Wadak, masuknya air ke perkampungan melalui jalan kampung di dusun tersebut. Karena posisi jalannya lebih rendah dari kali Welang. “Oleh sebab itu, warga mengusulkan jalan desa tersebut ditinggikan, Dan usulan tersebut sudah kami masukkan dalam Musrenbangkel tahun anggaran 2020,” pungkas Henry Pahlevi.

wartawan : mulyo p.

redaksi.       : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply