BeritaBirokrasiTerkini

114 Tower Microcell Milik Bali Tower, Dibikin Model Pohon Beton Berdaun Kurma

112Views

PASURUAN, siaranpublik. com

Di Kota Pasuruan saat ini banyak tumbuh pohon beton berdaun kurma, ini sebutan warga terhadap tower yang banyak didirikan di pinggir jalan. Maklum, masyarakat memang tidak tahu benda apakah itu dan apa fungsinya.

Sebenarnya tower yang terbuat dari beton tersebut adalah tiang microcell. Sebuah sarana yang digunakan untuk memancarkan gelombang profider kartu celuler. Tiang microcell ini sebagai ganti dari tower setinggi 45 meter yang sudah dilarang pemerintah.

Sebanyak 114 tiang microcell setinggi 22 meter ini, akan dipasang di 25 titik yang telah ditentukan pemerintah. Sesuai dengan Keputusan Wali Kota Pasuruan nomor 188/348/423.031/2016 tentang, pola penyebar tiang microcell dan rute microducting serta lokasi, panjang rute, dan jumlah tiang microcell dalam penyelengeraan infrastruktur telekomunikasi.

Tiang microcell ini akan dioperatori oleh perusahaan swasta, Bali Tower. Dan akan disewakan ke perusahaan-perusahaan kartu celuler. Diatas tiang microcell, selain dipasang alat pemancar, rencananya juga akan dilengkapi dengan CCTV yang berfungsi untuk mengamati keadaan di sekitar area tiang microcell. CCTV ini bantuan dari perusahaan Bali Tower yang diambil dari dana CSR nya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kominfo Kota Pasuruan, Fendik Krisdiyono mengatakan, sejak terbitnya PP No. 41 Tentang Kelembagaan, urusan komunikasi menjadi kewenangan pusat. Terkait dengan keberadaan tiang microcell di Kota Pasuruan, kewenangannya berada dalam Dinas Penanaman Modal dan Layanan Terpadu Satu Pintu Kota Pasuruan. Namun Kominfo akan masuk dalam pengembangan smart city, solusi cerdas terhadap masalah perkotaan dengan bantuan tekhnologi.

“CCTV yang bakal dipasang di tiang microcell, akan sangat membantu dalam mengkontrol keamanan lingkungan. Selain itu, kami juga memasang Wifi di setiap kantor kelurahan sebagai sarana membangun informasi publik, yang akan dikelola kelompok informasi masyarakat (Kim) di setiap kelurahan, ” papar Fendik.

Wartawan : mulyo p.

Redaksi .      : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply