BeritaTerkini

Gabungan 9 LSM Kota Pasuruan, Geruduk Kantor APJ PLN Pasuruan

133Views

Pasuruan, siaranpublik.com

Gabungan 9 LSM se Pasuruan (AKRAP), Rabu (8/1/2019), geruduk PLN Area Pelayanan Pasuruan di JL Panglima Sudirman, Kota Pasuruan. Ratusan massa ini menuntut agar tidak sewenang-wenang memutus aliran kepada pelanggannya.

Para LSM ini bergantian berorasi. Kesembilan LSM itu, LIRA, Laskar Merah Putih, Suropati, Penjara Indonesia, M-Bara, Garda Pantura, Gardapura, Cinta Damai dan AJIB. Inti tuntutannya, PLN jangan sewenang-wenang. PLN jangan arogan. PLN jangan menangnya sendiri.

Para pendemo yang berangkat dari Jl Hayam Wuruk langsung menuju Kantor Rayon PLN Jl Diponegoro. Setelah itu bergeser ke Kantor Pemkot Pasuruan. Terakhir ke Kantor Area Pelayanan Jaringan PLN Jl. Panglima Sudirman.

“PLN jangan sewenang-wenang memutus saluran ke pelanggannya. Masak hanya gara-gara telat bayar, langsung diputus. Tolong jaga keperimanusiaan dong, ” tegas Rachmad Cahyono, yang diiyakan Ayik Suhaya, Korlap aksi.

Kata Ayik, mestinya sebelum memutus, pihak PLN memberikan surat peringatan lebih dulu. Ada SP pertama, kedua dan ketiga.

Tindakan PLN ini tidak sebanding ketika pihaknya melakukan kesalahan. Contoh yang dialami oleh Ny. Asri warga Perumahan Pucang Mas. Dirinya terpaksa harus membayar hingga 500 lebih. Gara-garanya, petugas pencatat meter salah tulis angkanya. Ketika wanita ini protes, pihak PLN Rayon Kota Jl Diponegoro berjanji menyelesaikannya. Nyatanya, saat muncul tagihan bulan berikutnya, tetap saja PLN menarik tagihannya utuh sesuai catatan yang salah tadi.

“Sekedar mengingatkan, ini arogan sekali. Tindakan ini jelas mau menangnya sendiri,” tukas Rahmad Cahyono.

Para pendemo kecewa. Pasalnya, mereka tidak dapat bertemu dengan Agus, Kepala PLN Area Pelayanan Pasuruan. Saat diperwakilan pendemo dibawa ke ruangan pertemuan, Agus tidak ada. Mereka hanya ditemui perwakilannya saja.

Sebagai bentuk kekecawaannya, pendemo mendatangi Kantor DPRD Kota Pasuruan di Jl. Balai Kota. Kedatangan pendemo diterima H. Sahlawi, Wakil Ketua DPRD dari Golkar dan Farid Misbach, anggota dewan lainnya.

Di ruang sidang dewan, pendemo meluapkan kekesalannya terhadap PLN. H.  Sahlawi mengatakan, seluruh uneg-uneg gabungan LSM ini ditampung, nanti akan disampaikan kepada pihak PLN dan pihak terkait lainnya. (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply