BeritaTerkini

Karena Jalanan Desa Rusak, Warga Penataan, Winongan, Demo Hentikan Dump Truk Tambang

194Views

siaranpublik.com, PASURUAN

Warga Desa Penataan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, marah.  Senin (24/12/2018) puluhan warga menutup jalan desa yang tiap hari dilintasi dump truk tambang pasir, tanah urug dan batu belah.   Jalan ditutup dengan balai-balai (Bhs. Jawa : amben).

Amben diletakkan di tengah jalan sambil diduduki.  Warga membeber poster bertuliskan nada protes. Intinya, warga minta supaya dump truk tambang jangan lagi melintas di jalan desanya. Jalan yang rusak harus segera diperbaiki. Akibat jalan diblokir warga,  ratusan dump truk pengangkut pasir, batu dan tanah urug, sempat terhenti total.  Ratusan dump truk yang tidak bisa jalan membentuk antrian panjang.

“Jalan kami rusak. Percuma dong diperbaiki oleh pemerintah lalu rusak lagi.  Lihat saja jalan yang ada di depan SDN Penataan ke selatan, semuanya hancur.  Dump truk ini ngawur dan seenaknya sendiri, ” tegas Febri, seoarang warga.

Sahut warga lainnya, dampak lainnya, debu akibat dari lalu lalang dump truk, rumah warga sangat kotor. Tumbuhan pinggir jalan dan pertanian yang kena debu banyak yang mati. Warga sudah minta ke Kades agar dump truk ini segera dihentikan. Tapi hingga aksi demo dilakukan, Kades tidak pernah merespon.

Kata Febri, warga melunak setelah ada dialog penambang dengan warga dan wakil dari DPRD Kabupaten Pasuruan, Ayub dari Rejoso.  Hasil dialog, Agus S, wakil penambang berjanji besok (Selasa, 25/12/2018) akan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

Kata Agus, dump truk akan melewati jalan desa ini hanya sebatas akhir Desember. Dump truk melintas kurang 4 hari lagi. Setelah itu dump truk akan kembali melintasi jalanan pertigaan Pasar Winongan, Desa Winongan Lor, Lebak, Winongan Kidul, Umbulan dan seterusnya.

Sementara Ayub, anggota dewan, mengatakan kalau dirinya dikontak salah satu warga. Dia yang datang ke lokasi akhirnya memediasi antara penambang dengan warga. Solusinya, penambang siap memperbaiki badan jalan yang rusak. Dump truk melintas hingga akhir Desember saja. (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply