Terkini

Kenalkan Tanaman dan Cinta Lingkungan Kepada Siswa TK dan SD Untuk Selamatkan Sumber Air

69Views

siaranpublik.com, PASURUAN

Kenalkan anak usia dini untuk melestarikan alam. Selasa (18/12/2018), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, mengajak siswa-siswi Taman kanak-kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, menanam pohon.

Para bocah ini bareng dengan para pejabat Muspida Kabupaten Pasuruan,  Muspika Winongan dan Lumbang, ratusan pegiat lingkungan, siswa SMA dan mahasiswa. Mereka melakukan penanaman pohon produktif jenis, nangka, sukun dan sirsak di ladang tanah bengkok Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.

Tema acara  “Selamatkan Bumi Demi Masa Depan”. Ada dua ribu pohon yang ditanam dan dibagikan kepada warga. Sedang yang ditanam oleh para siswa, muspida dan para pegiat lingkungan seeta mahasiwa ada 150 lubang. Acara ini mendapat antusias dari warga.

“Kita memang sengaja mengajak anak-anak TK dan seusia SD,  dengan tujuan untuk mengenalkan tanaman dan lingkungan. Dengan mengenal, nantinya  dalam diri anak-anak tertanam cinta alam dan lingkungan.  Karena di tangan mereka nanti keselamatan dan kelestarian alam akan digenggam, ” papar Joko Harianto,  Ketua PWI Perwakilan Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji menanam pohon sukun dengan didampingi seorang siswa MI. Termasuk para pejabat lainnya, mereka juga didampingi seoarang anak dalam penanaman pohon. Dalam kesempatan itu, Sekda menjelaskan pada anak tersebut jika pohon yang ditanam adalah pohon sukun. Pohon ini berbuah. Buahnya bulat besar-besar. Buahnya bisa dimakan, pohonnya untuk perindang dan penyerap air sehingga tidak banjir dan longsor.

Sebelum penanaman bersama, Sekda menyerahkan pohon kepada 31 kepala desa se Kecamatan Lumbang dan Winongan. Masing-masing kades mendapat 20 pohon hingga 30 pohon. Sisa bibit yang ada di depan dan samping panggung jadi rebutan warga sekitar dan anak-anak sekolah tadi. (zaelani)

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply