BeritaPolitikTerkini

Di Pilpres dan Pileg, Sekda Jamin Netralitas ASN Kota Pasuruan

120Views

siaranpublik.com, PASURUAN

Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Drs Bahrul Ulum, MSi menjamin netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah Kota Pasuruan dalam pemilu tahun 2019. Tekad ini dasampaikan Bahrul Ulum di acara Sosialisasi Netralitas ASN Pada Pemilihan Umum Tahun 2019, di Hotel Horison Kota Pasuruan, Selasa (12/12/2018)

Dihadapan Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan, Kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Pasuruan. Bahrul mengingatkan anak buahnya tersebut agar jangan sampai tersandung masalah hukum apalagi pidana pemilu.

Karena sudah diatur dalam UU No, 05 Tahun 2014 pasal -2, ASN tidak boleh berpihak.  Baik ke calon presiden maupun calon legeslatif. Larangan tersebut dipertegas dengan PP No 42 tentang kode etik dan pembinaan jiwa korp ASN. Diperjelas lagi dengan surat edaran dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur negara-Reformasi Birokrasi (Kempan-RB) yang melarang setiap PNS berdekatan dengan parpol. PNS dilarang memasang alat peraga kampanye atau gambar calon.

PNS dilarang mendeklarasikan diri ikut sebagai tim sukses capres atau parpol tertentu. PNS dilarang mengunggah, menanggapi atau menyebarkan misi visi atau gambar calon. PNS dilarang melalukan foto bersama dengan caleg atau capres/cawapres dan dilarang menjadi pembicara atau narasumber dalam kegiatan partai politik.

“Di pemerintah Kota Pasuruan hingga saat ini tidak ada laporan pelanggaran atau ketidak netralan ASN. Dan saya ingatkan lagi, bahwa secara nasional pada pemilhan kepala daerah tahun 2017 pelanggaran pemilu yang telah dilakukan ASN sebanyak 1527 orang dan sedang dalam proses hukum. ASN Pemkot Pasuruan jangan sampai tersandung masalah hukum pidana pemilu, ” tegas Bahrul Ulum.

Wartawan : mulyo p.

Redaksi .      : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply