BeritaBirokrasiTerkini

RSUD Purut Kota Pasuruan, Siap Dukung Penuh Penyertaan BPJS

176Views

siaranpublik.com, PASURUAN

RSUD dr. R. Soedarsono (Purut) Kota Pasuruan siap mendukung kebijakan pemerintah dalam penyertaan jaminan kesehatan masyarakat ke BPJS atau Universal Healt Covered (UHC).

Kepastian ini disampaikan oleh Plt Direktur RSUD dr. R. Soedarsono, dr. Tina Soelistiani. Menurutnya, jumlah kamar yang siap layanan kesehatan kelas 3 sebanyak 124 kamar. “Jumlah ini sudah melebihi ketentuan dari Peraturan Menteri Kesehatan RI, ” kata dr. Tina S.

RSUD dr. R Soedarsono atau biasa disebut rumah sakit Purut, saat ini memiliki total kamar sebanyak 276 kamar. Yang 124 kamar diantaranya digunakan layanan kamar type C atau hampir 50% dari total kamar.

Sedangkan ketentuan dari Permenkes No 56 tahun 2014, tentang klasifikasi dan perijinan rumah sakit, di pasal 42 mewajibkan rumah sakit milik pemerintah, 30% dari total kamarnya harus bertype C atau kelas 3.

“Jadi, untuk saat ini rumah sakit Purut tidak perlu menambah kamar. Karena sudah melebihi dari ketentuan. Apalagi tidak semua warga yang sakit harus ke rumah sakit. Jika sakitnya ringan cukup ke fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat 1 di Puskesmas terdekat, ” saran dr. Tina.

Orang sakit atau rujukan dari Faskes tingkat 1 yang masuk Intalasi Gawat Darurat (IGD), belum tentu rawat inap.  Tergantung hasil opservasi dokter IGD. “Bisa jadi pasien hanya obat jalan, ” terang dr. Tina S.

Lanjut Tina, kemungkinan menambah jumlah kamar masih terbuka. Tergantung kondisi di lapangan. Namun yang perlu dipikir adalah kesediaan lahan dan anggaran dari pemerintah. Mengurangi kelas 2 dan kelas 1 untuk dikonversi menjadi kelas 3 sangat beresiko. Karena kamar kelas 1 dan 2 jumlahnya terbatas dan dokter spesialisnya juga terbatas.

Dilayanan kelas 3, satu ruang terdapat 3 hingga 5 kamar. Fasilitas yang disediakan yaitu, satu tempat tidur pasien, kipas angin, kamar mandi dijamin bersih.

Wartawan : mulyo p

Redaksi .      : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply