Terkini

Karnaval Di Atas Sungai Complong, Kejayan, Jadi Perhatian Wisatawan

162Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Deretan rakit bambu dengan hiasan bermacam fauna Indonesia tersaji apik di aliran Kali Complong Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/10/2018).

Pemandangan ini menjadi daya tarik tontonan ribuan warga. Walaupun panas menyengat kulit, tapi  tidak dihirau demi momen yang digelar setiap tahun ini.

Acara unik tersebut hanya ada di Kabupaten Pasuruan, yaitu gelaran karnaval di atas sungai, atau biasa disebut “Carnival On The River”.

Ditahun 2018, Carnival on the River ke lX kembali digelar dengan tema “Pesona Satwa Nusantara”. Untuk kali ini,  event itu digelar dalam rangka memperingari Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1089. Sekalian memperingati hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Carnival on the River ke lX dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Agus Setiadji mewakili Bupati Pasuruan. Dalam sambutannya Agus Setiadji memyambut baik acara yang digagas SMAN 1 Kejayan. Harapan Sekda, membawa dampak positif bagi perekonomian warga sekitar sungai. Untuk itu, Sekda meminta kepada warga di sekitar kali untuk ikut berperan menjaga kebersihan kali.

Dalam kesempatan ini, Agus Setiadji menyerahkan bantuan dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk panitia penyelenggara.

“Kegiatan ini akan ditingkatkan lagi dan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan agar dimasukkan menjadi tujuan wisata di kalender tahunan pariwisata Kabupaten Pasuruan. Dan ada titipan dari Bapak Bupati berupa uang tunai untuk panitia sebesar Rp 10 juta, “kata Agus Setiadji.

Carnival on the river kali ini juga diikuti peserta diluar SMAN 1 Kejayan. Tercatat ada 12 peserta tamu yang hadir. Diantaranya, dari sekolah SMP dan SMA di Kecamatan Purwosari dan Pandaan. Sisannya, 30 peserta merupakan peserta tuan rumah.

Ketua Panitia Carnival on the River Edi P. mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membesarkan event ini. Upaya yang  dilakukan, dengan mengundang peserta dari luar. DenganTema “Pesona Satwa Nusantara” merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat agar lebih peduli dengan satwa yang dilindungi pemerintah supaya tidak punah dan menjadi kekayaan bersama.

“Pesan yang ingin kami sampaikan di Carnival on the River ke lX, agar masyarakat lebih peduli dengan satwa Nusantara. Dan Kemasan acaranya, murni kreasi siswa SMAN 1 Kejayan. Termasuk dekorasi, itu karya kreasi siswa sendiri. Dan bahan yang digunakan untuk dekorasi rakit bambu, semuanya memakai bahan daur ulang, ” kata guru seni SMAN 1 Kejayan ini.

Wartawan : mulyo p.

Redaktur .   : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply