BeritaPariwisataTerkiniWisata

Bibir Ranu Dikeruk Tambang, Wisata Ranu Grati, Jebol

426Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Wisata Ranu Grati terancam jebol. Pasalnya, perbukitan bibir Ranu sebelah selatan sudah dikeruk para penambang. Perbuktikan yang mengelilingi Ranu, sekarang kondisinya sudah memprihatinkan. Musim hujan mendatang sangat mengkhawatirkan.

“Ya ini Pak, alam Ranu Grati sudah bukan rusak. Tapi dirusak oleh orang-orang yang berduit. Tanah dikeruk diusung dan dijual. Yang untung bukan rakyat, tapi para penguasa,” kata warga sekitar tambang CV.  Dua Jaya,  yang mengaku bernama Su.

Kata Su, Wisata Ranu Grati sudah membahayakan. Bibir Ranuu berupa perbukitan sudah jebol. Tambang di sekitar Ranu ada CV.  Dua Jaya, ada milik H. R .dan milik R. K.  Kalau pengerukan liar itu dibiarkan, tambah Suto, warga lainnya, sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.

Seperti diketahui, pengurusan tambang yang berdekatan dengan sumber mata air, wajib dilampirkan hasil uji laboratorium GEOLOGI. Sementara tambang-tambang yang ada di kisaran Ranu Grati, tidak pernah memperhatikan persyaratan itu.

“Laskar Merah Putih siap turun jalan untuk menutup tambang yang tidak peduli lingkungan. Kepada semua pihak, mari kita sama-sama bedah. Dimana letak kebuntuan penegakan hukum terhadap tambang-tambang itu. Apa di undang-undangnya yang salah atau perda yang lemah, atau penegak hukumnya yang mandul,” tegas Rahmad Cahyono, Ketua LSM Laskar Merah Putih. (zaelani)

 

 

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply