BeritaTerkiniTNI POLRI

Warga Curahdukuh Luruk PT Shinwa Pabrik Tissue Di PIER Rembang

518Views

Siaranpublik. com,  PASURUAN

Warga Desa Curahdukuh, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/9/2018), meluruk PT Shinwa Nowovans Indonesia, pabrik tissue di kawasan PIER Rembang,  Kabupaten Pasuruan.

Ada empat tuntutan yang disampaikan. Pertama, minta Sus,  HRD pabrik diberhentikan. Alasan warga,  karena dia dianggap biang kerok hingga beberapa kesepakatan dengan warga Curahdukuh dilanggar. Kedua, mobil antar jemput karyawan dikembalikan kepada desa agar uang hasil kerja sama usaha itu untuk kas desa.

“Tidak seperti sekarang, mobil antar jemput dikuasai satu orang dan tidak ada pemasukan sama sekali untuk desa. Uang hasil antar jemput itu untuk pribadi. Pokoknya kami minta supaya dikembalikan kepada desa, ” kata Kohar, Korlap aksi.

Ketiga,  soal limbah pabrik yang selama ini untuk kepentingan warga sekitar dikembalikan lagi. Artinya jangan sampai dikerjakan oleh orang luar desa. Jangan terbalik,  warga sekitar yang kena dampak limbahnya tapi yang nikmati limbahnya orang luar desa. Ini sangat keterlaluan.

Terakhir masalah perekrutan  tenaga kerja. Warga minta agar pabrik lebih mengutamakan tenaga kerja dari warga sekitar daripada tenaga kerja asal luar daerah. Kenyataan sekarang, pabrik banyak mengambil tenaga kerja dari luar daerah. Padahal warga sekitar banyak yang nganggur.

Dalam aksinya, warga membentangkan poster dan spanduk tanda protes. Warga secara bergantian berorasi di depan pabrik. Hingga berita ini diunggah, wakil warga masih dialog dengan pihak pabrik dengan disaksikan pejabat Muspika setempat. (zaelani)

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

2 Comments

Leave a Reply