BeritaBirokrasiTerkini

Pemkot Pasuruan Kembalikan Uang Kelebihan Harga Tanah Kantor Kec. Panggungrejo Rp 2,9 M Ke Kas Negara

364Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Laporan atas kelebihan harga tanah Kantor Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan,  Jatim, senilai Rp 2,9 Milyar  ke KPK dan Kejagung oleh Konsorsium Masyarakat Anti Korupasi (Kompak), direspon Pemkot Pasuruan. Melalui Plt. Kepala Inspektorat, Drs, H. Bahrul Ulum, M.Si, Pemkot sudah mengembalikan kuang kelebihan itu.

Dua kali pembayaran dilakukan sejak LHP BPK memberikan rekomendasi, yaitu pada  Juli dan Agustus. Pada akhir Juli, Pemkot mengembalikan sebesar Rp 400 juta lebih.  Lalu pada akhir Agustus, Pemkot melunasi sisanya.

“Tolong dihargai itikad baik kami ini. Jadi kami sudah mengembalikan uang kelebihan harga tanah itu dua kali.  Pada Juli dan Agustus. Sesuai aturan, kita bisa melunasi dalam tenggang waktu dua tahun. Tapi kami 2 bulan sudah menyelesaikannya, ” jelas Barlum Ulum, juga Sekda Pemkot Pasuruan, sambil menunjukkan bukti pelunasannya dari Bank Jatim.

Soal pembuatan dua SK oleh Walikota, kata Sekda, sudah dijawab langsung oleh Walikota. Kata Walikota,  SK dibuat dalam satu hari karena faktor kebutuhan yang mendesak. Diakui Sekda,  rencana pembangunan Kantor Kecamatan itu sudah ada setahun sebelumnya. Tapi karena terkendala lokasi, maka baru dapat terealisasi tahun berikutnya.

“Pengembalian itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38/2016. Disitu disebutkan hingga jangka waktu dua tahun. Tapi kami minta waktu satu tahun. Alhamdulillah hanya dalam waktu dua bulan sudah selesai, ” papar Bahrul Ulum. (zaelani/mulyo)

 

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply