Birokrasi

Walikota Siap Dirikan Ritel “Tomara” Untuk Bersaing Dengan Ritel Modern

247Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Walikota Pasuruan, Drs. H.Setiyono, M.Si. telah melempar “Tomara” sebagai tantangan kepada stake holder koperasi di kota ini untuk memacu penguatan koperasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan.

Tantangan tersebut disampaikan langsung dihadapan stake holder koperasi Kota Pasuruan, dalam acara Tasyakuran Hari Koperasi Ke- 71 Tahun 2018, di Gedung Gradika, kompleks Rumah Dinas Walikota Pasuruan, Minggu (29/7/2018).

Tomara adalah akronim dari Toko Masyarakat. Tomara ini merupakan ide besar H.Setiyono untuk berkompetisi dengan ritel modern yang bertebaran di Kota Pasuruan.

Drs. H.Setiyono, M.Si, memancing stakeholder koperasi, dengan janji akan menyediakan tempat untuk Tomara. “Saya akan carikan tempat untuk Tomara, jika Dekopin, Dinas Koperasi Kota Pasuruan dan pegiat koperasi ada kemauan serius dan komitmen untuk membentuk Tomara, “tantang H. Setiyono.

Lanjut H. Setiyono, tomara adalah sebuah konsep toko serba ada yang dikelola oleh keperasi. Seperti toko ritel modern, yang menyalurkan hasil produksi UMKM binaan koperasi dan menyediakan semua kebutuhan masyarakat dengan harga standart pasar.

Untuk itu, perlu dibentuk Forum Koperasi Kota Pasuruan yang membahas teknis pembentukan dan pengelolaan Tomara.

Menurutnya, koperasi di Kota Pasuruan saat ini yang paling aktif adalah koperasi wanita (kopwan). Dan kebanyakan bergerak di unit usaha simpan pinjam. Ini efeknya masih kecil terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan. Perlu terobosan baru untuk membentuk unit usaha yang memanfaatkan sumber daya alam Kota Pasuruan.

Untuk itu, perlu kerjasama yang kuat antar lembaga terkait. Yaitu,  Dekopin, Dinas Koperasi, Dinas Pasar, Perindustrian dan Perdagangan, Kadin dan pegiat koperasi. Semua lembaga ini bersinergi untuk menguatkan koperasi dan UMKM, sebagai pilar pembangunan ekonomi di Kota Pasuruan.

Wartawan : mulyo p.

Redaktur.   : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply