BirokrasiUncategories

Pemkot Usulkan Perda Ketenagakerjaan, Dewan Langsung Bentuk Pansus

95Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Pemerintah Kota Pasuruan mengusulkan untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Usulan pemerintah ini akan menjadi dasar legalitas untuk melakukan penataan dan pengendalian ketenagakerjaan.

Usulan pemerintah ini disampaikan langsung oleh Walikota Pasuruan, Drs. H.Seriyon, M,Si, dalam Rapat Paripurna l Masa Sidang ll tahun 2018 DPRD Kota Pasuruan, Jumat (27/7/2018).

Dalam pidatonya, Drs. H.Setiyono, M,Si mengatakan, usulan pemerintah tadi dilandasi jaminan terpenuhinya hak dasar dan perlindungan bagi tenaga kerja dan pekerja (buruh) untuk mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha di Kota Pasuruan.

Oleh karena itu, lanjut H. Setiyono, aturan penyelenggaraan ketenagakerjaan tidak hanya dengan kepentingan tenaga kerja selama (sebelum dan sesudah) masa kerja. Tapi keterkaitan dengan kepentingan pengusaha, pemerintah dan masyarakat.

“Atas dasar itulah perlu pengaturan yang menyeluruh dan komprehensif. Antara lain, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan produktifitas dan daya saing.  Upaya perluasan kesempatan kerja, pelayanan penempatan tenaga kerja, pengupahan. dan pembinaan hubungan industrial, serta sanksi bagi pengusaha nakal, ” kata H. Setiyo, dalam pidatonya.

Usulan pemerintah ini ditanggapi oleh DPRD dengan membetuk Pansus Raperda tentang Ketenagakerjaan, Jumat sore.

Wartawan : mulyo p.

Redaktur .  : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply