BirokrasiUncategories

Walikota Terima Penghargaan Kota Layak Anak Pratama Dari Menteri Yohana S. Sambise

147Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Prof. DR. Yohana Susana Yambise, DIP. APLING, MA berkunjung ke Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rachmat Nomor 93 – 105 Surabaya, Senin (23/7/2018). Kedatangannya didampingi Deputi Menteri PP-PA Bidang Tumbuh Kembang Anak KPP-PA Lenny N Rosalin. Keduanya hadir dalam acara Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2018.

Penghargaan tersebut bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2018. Dalam kesempatan ini hadir Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo., Kepala Dinas Kependudukan Se-Indonesia, Bupati/Walikota Se-Indonesia.

Melalui program ini, Kementerian PP-PA berupaya keras mendorong pemenuhan hak anak dan perlindungan keluarga untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030. Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, mengacu pada 24 indikator pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Secara garis besar, terdapat 5 klaster hak anak yang meliputi hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus.

Di tahun 2018 ini, sebanyak 389 Kabupeten/Kota telah berkomitmen untuk menjadi KLA. Dari jumlah tersebut, 176 Kabupaten/Kota telah berhasil meraih penghargaan dari berbagai kategori.

“Penghargaan dan penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kami atas segala upaya para Gubernur, Bupati, dan Walikota.  Ada 176 Kota dan Kabupaten yang akan mendapat penghargaan dari berbagai kategori. Di tahun lalu ada 126 penghargaan,” ujar Yohana.

Selain penghargaan KLA, Menteri Yohana juga memberikan penghargaan lain.  Seperti kepada daerah yang terbaik dalam memenuhi hak sipil anak, membina forum anak, merespon pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTDPPA) dan mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA), menyelenggarakan pelayanan Ramah Anak di Puskesmas, dan melakukan inovasi-inovasi dari kemajuan pembangunan anak di wilayahnya serta mampu menurunkan angka perkawainan anak.

Pemerintah Kota Pasuruan menerima anugerah Kota Layak Anak tingkat Pratama yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Ibu Prof. DR. Yohana Susana Yambise, DIP. APLING, MA. (zaelani)

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply