BirokrasiUncategories

Pemkot Bakal Bangun Showroom UMKM Permanen

189Views

Siaranpublik.com, PASURUAN

Kota Pasuruan bakal memiliki showroom permanen sebagai sarana promosi produk UMKM Kota Pasuruan. Hal ini disampailan oleh Wali Kota Pasuruan, Drs. H. Setiyono, M Si, disela-sela meninjau stan Pasar Rakyat yang digelar di kompleks olahraga GOR Kota Pasuruan.

Dalam wawancara singkat dengan media ini, H. Setiyono mengatakan, Showroom permanen sangat dibutuhkan untuk promo daerah dalam rangka menciptakan daya saing dengan daerah lain. Namun tidak disebutkan dikawasan mana lokasinya. “Lokasi masih dalam tahap perencanaan dan kajian, agar pilihannya tepat dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dan yang penting, banyak pengunjungnya, ” jelasnya.

Menurut H. Setiyono, Showroom permanen akan menampung produk dari 38.489 UMKM dan jenis produk variatif dari 331 koperasi se- Kota Pasuruan. Kedua elemen ini, menjadi pondasi kekuatan ekonomi Kota Pasuruan.

Oleh karena itu, keberadaanya harus lebih diperdayakan dan difasilitasi, agar lebih berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan. Yaitu dengan meningkatkan kelembagaannya, sumber daya manusianya (SDM) dan modal, serta managemennya.

“Seiring dengan percepatan pembangunan nasional dan tekhnologi maka perlu diambil langkah yang sistimatik untuk mendorong penguatan ekonomi daerah. Oleh karena itu, pemerintah bersama Kadin dan Dekopinda Kota Pasuruan, melakukan pembinaan SDM, managemen, dan batuan modal serta pengenalan produk melalui pameran, dan event Pasar Rakyat seperti ini, ” kata Setiyono, di pidato pembukaan Pasar Rakyat.

Selain itu, bentuk fasilitasi pemerintah lainnya adalah program sertifikasi tanah untuk 25 UMKM. Yang baru terealisasi 6 bidang tanah milik UMKM. Artinya, disamping syarat SDM dan managemen yang baik, UMKM juga memiliki sertifikat tanah sebagai syarat untuk pemenuhan permodalan melalui bank.

Selain penguatan ekonomi dengan basis UMKM dan koperasi, icon Kota Pusaka dan Kota Santri diupayakan memiliki daya jual dilingkup domestik, nasional maupun internasional.

Untuk itu, selain wisata religi dan wisata sejarah yang telah dimiliki, pemerintah berupaya meningkatkan destinasi wisata baru, dengan mengangkat seni budaya dan ragam kuliner Kota Pasuruan.

Oleh karena itu, setiap bulan, pemerintah akan membuat event yang menarik untuk mengangkat nama Kota Pasuruan.

“Semua ini kalau dikaitkan dengan misi dan visi Kota Pasuruan sebagai kota jasa dan niaga (perdagangan) sangat mendukung sekali. Semoga menjadi momentum kebangkitan ekonomi yang berbasis pada koperasi dan UMKM di Jatim dan kota Pasuruan khususnya, ” pungkas Setiyono.

Wartawan : mulyo

Redaktur .  : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply