Terkini

Mendekati Lebaran, Timbun Bahan Pangan Bakal Disikat Polresta

81Views

Siaranpublik.com, Pasuruan

Stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang lebaran tahun 2018 ini, menjadi perhatian khusus Polres Pasuruan Kota Pasuruan. Oleh karena itu, polisi bekerja sama dengan stake holder lainnya, seperti Bulog, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, terus memantau kondisi pasar terkini.

“Kondisi menjelang lebaran saat ini, sangat rawan dimanfaatkan orang atau kelompok tertentu berspekulai memainkan harga barang kebutuhan pokok dengan cara menimbun barang atau dengan cara melawan hukum lainnya, ” kata AKBP Rizal Martomo, Kapolres Pasuruan Kota, dalam pidatonya diapel Gelar Operasi Ketupat Semeru 2018, Rabu (06/06/2018), di halaman gedung R. Abd Rakhman.

Kapolres menambahkan, pihaknya bersama stake holder lainnya akan terus mengontrol jalur distribusi bahan pangan, untuk mencegah secara dini penimbunan bahan pangan oleh spekulan yang tidak bertanggung jawab. Disamping itu, pihaknya akan sangat tegas menindak secara hukum bagi spekulan penimbun bahan pangan.

Selain fokus pada harga dan ketersediaan bahan pangan, Polres Pasuruan Kota, juga fokus pada kelancaran arus mudik, kriminalitas dan bencana alam, serta ancaman teror.

“Sesuai dengan amanat Kapolri, ada empat point yang menjadi perhatian khusus polisi, menjelang lebaran tahun ini. Stabiltas dan ketersediaan bahan pangan, kelancaran arus mudik, kriminalitas dan bencana alam, serta ancaman teror oleh teroris, “terang AKBP Rizal Martomo.

Lebih lanjut kamandan dengan tiga melati di pundak ini mengatakan, untuk kelancaran arus mudik, jajarannya, menempatkan personilnya di tempat-tempat titik rawan macet. Seperti penyempitan jalur lalu lintas, perempatan jalan dan tempat-tempat yang aktifitas kendaraan keluar masuk ke jalan raya sangat tinggi.Selain itu, personil juga akan ditempatkan di sejumlah titik rawan kecelakaan.

Untuk menekan kriminilitas seperti, copet, gendam dan lainnya, akan ditempatkan personil di tempat-tempat keramaian, serta menghimbau warga yang melakukan aktifitas belanja, agar lebih hati-hati membawa dompet, tas dan barang lainnya.

Khusus pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya, polisi akan patroli ke kompleks perumaham dan pemukiman lainnya. Kapolres menghimbau kepada warga yang mudik, untuk mengamankan kompor dan peralatan listrk serta mengunci rumahnya dengan baik.

“Kami himbau bagi pemudik untuk mengamankan barangnya, dan mengunci pintu rumah dengan baik serta menitipkan ke tetangga yang tidak mudik, ketua RT atau kepetugas keamanan lingkungan (satpam), ” himbaunya.

Wartawan : mulyo p.

Redaktur . : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply