Terkini

BPJS Dan KIS Bisa Dipakai Saat Pulang Kampung, Puskesmas dan RSUD Lebaran Tidak Libur

145Views

Siaranpublik.com, Pasuruan

Pemudik lebaran yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), atau kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, lebih tenang lagi dalam menjalani masa mudik di kampung halaman. Karena BPJS telah menjamin pelayanan kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamav(FKTP) didaerah atau kota lain.

Hal ini sesuai dengan amanat peraturan perundangan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu yang lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP terdekat walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut. Informasi ini disampaikan oleh Kepala BPJS Pasuruan, Debby Nianta dalam siaran pers di Kantor BPJS Pasuruan, jalan Sultan Agung, Kota Pasuruan.

Dimasa liburan lebaran, BPJS kesehatan Pasuruan bekerja sama dengan mitra faslitas kesehatan (faskes), menjamin pelayanan kesehatan dan membuka pelayanan mulai tanggal 11, 12, 13, 14 , 18, 19 dan 20. Jam pelayanan, pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Begitu juga dengan pelayanan administrasi,

BPJS Kesehatan tetap membuka layanan sesuai dengan tanggal dan waktu seperti diatas. “Kami himbau masyarakat peserta BPJS yang mudik lebaran untuk membawa kartu KIS atau kartu BPJS yang aktif, ” kata Debby.

Dimasa libur lebaran yang lumayan panjang ini, BPJS Kesehatan juga membuka pelayanan 24 jam, lanjut Debby. Masyarakat bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. “Masyarakat bisa menggunakan layanan ini untuk kosultasi, aktifasi, pendaftaran peserta BPJS atau mendaftarkan bayi baru lahir katagori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga, ” urainya.

Regulasi ini merupakan bentuk kerja sama antara BPJS dengan Dinas Kesehatan, rumah sakit dan mitra faskes lainnya seperti, klinik pratama dan dokter praktek perorangan. Seluruh faskes yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, selama pelayanan dimasa libur lebaran ini, tidak boleh menarik biaya tambahan.

“Pelayanan kesehatan dimasa libur lebaran diseluruh faskes, tidak dipungut biaya tambahan, alias gratis, ” tegas Debby.

Di kawasan Kota Pasuruan, selama masa libur lebaran, Dinas Kesehatan Kota Pasuruan akan membuka seluruh puskesmasnya, kecuali Puskesmas Pembantu (Pustu). “Puskesmas yang ada di kota ini tetap akan membuka layanan, kecuali Pustu (Puskemas Pembantu), ” terang dr. Bambang Pramono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Begitu juga dengan RSUD dr, R Soedarsono Kota Pasuruan, akan tetap membuka layanan sesuai tanggal yang telah disepakati diatas. “Kami akan tetap membuka pelayanan seperti biasa, hanya saja, untuk pelayanan poli, tempatnya akan digeser di IGD. Dan jam pendaftaran, mulai jam 07.30 -11.00. dan jam pelayanan sampai jam 16.00, “jelas dr. Hendra R, Direktur RSUD dr. R Soedarsono, Kota Pasuruan.

Wartawan : mulyo p.

Redaktur .  : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply