TerkiniUncategories

PT Sari Rajut Indah Gempol Terancam Pelanggaran Pidana dan Denda Milyaran

254Views

Siaranpublik.com

PT Sari Rajut Indah pabrik kain tenun di Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, yang membuang limbah berbahaya ke sungai terancam pidana. Pemilik bisa dihukum paling ringan 1 tahun. Paling lama sampai 12 tahun penjara. Lalu denda paling sedikit Rp 1 Milyar  hingga Rp 12 Milyar.

“Pelanggaran yang dilakukan PT Sari Rajut Indah tidak main-main. Ada pelanggaran lingkungan hidup, ada pula pengelolaan UKL – UPL yang salah. Jika limbah ini tergolong B3, maka hukumannya makin berat,” tegas Ismail Maky yang pernah menolak pembahasan Perda tahun 2016  karena denda yang dijatuhkan kepada perusahaan pelanggar Perda terlampau ringan.

Masih kata Maky,  tindak pidana karena masalah ini tidak ringan. Hukuman kurungan paling tidak 1 sampai 12 tahun penjara. Demikian pula dengan dendanya, yaitu antara Rp 1 Milyar hingga Rp 12 Milyar.

Diakui Maky,  jika perusahaan membuang limbah seperti itu, ada kemungkinan Dokumen Amdal,  UKL dan UPL yang tidak dijalankan. “Perlu diingat, sesuai bunyi Undang-Undang, perusahaan maupun pengawas (dalam hal ini DLH)  bisa sama-sama kena jerat pidana. Sanksinya juga sama-sama berat, ” tandas Maky.

Bagaimana isi undang-undangnya, tambah Maky -, tidak perlu dijlentrehkan disini. Kata dia, nanti jika dirinya melaporkan temuannya ini kepada pihak berwajib. Sekarang terpenting adalah mengumpulkan bukti-bukti dan saksi-saksi. (zaelani)

 

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply