Terkini

Klaim BPJS Sering Terlambat, Managemen RSUD Purut Kelabakan, Komisi 2 DPRD Kota Turun Tangan

255Views

Siaranpublik.com

Pembayaran BPJS terhadap klaim RSUD dr R Soedarsono, sering terlambat. Keterlambatannya bisa dua hingga tiga bulan. Masalah ini ditemukan Komisi 2 DPRD Kota Pasuruan dalam inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Soedarsono (Purut), Rabu (23/05/2018) lalu.

Aris Budi, salah satu anggota Komisi 2 mengatakan, pembayaran BPJS atas klaim RSUD dr R Soedarsono, sering kali terlambat. Keterlambatannya dua hingga tiga bulan. Menurut Aris, keterlambatan ini berpengaruh terhadap kondisi keuanganan manajemen rumah sakit. Informasinya, klaim BPJS tiap bulannya mencapai Rp 1,5 Milyar – Rp Rp 2 Milyar.

“Rumah sakit ini status manajemennya sudah Badan Layanan Umum Daerah (Blud). Artinya, sudah bisa mencari dana sendiri dan sudah mampu menghidupi dirinya sendiri. Pemasukan terbesar berasal dari pembayaran klaim BPJS. Kalau pembayaran klaim ini sering terlambat, tentu berpengaruh pada kinerja rumah sakit secara keseluruhan, ” beber Aris.

Oleh karena itu, lajut Aris, Komisi 2 akan memanggil BPJS untuk hearing. Tujuannya,  agar masalahnya jelas, kemudian dicari solusinya.

Dari pihak RSUD dr R Soedarsono, melalui Bagian Humasnya, dr Diah Lusiana menjelaskan, tidak ada keterlambatan yang signifikan dalam pembayaran BPJS atas klaim rumah sakit. Karena proses klaim BPJS membutuhkan verifikasi yang cukup memerlukan banyak waktu. Baik itu verifikasi internal di rumah sakit maupun verifikasi di BPJS.

Sebagian kecil dari klaim rumah sakit memang setiap bulannya ada yg tertinggal, untuk nantinya menjadi klaim susulan dan ada juga yg menjadi klaim pending karena belum lolos dari verifikasi.

Waktu yang dibutuhkan untuk melengkapi proses klaim itulah yg berpengaruh pada lamanya pembayaran BPJS.

Disisi lain, BPJS Cabang Pasuruan-Probolinggo, melalui salah satu stafnya, Anang, menjelaskan,  pihaknya belum bisa menjawab terkait dengan keterlambatan pembayaran BPJS atas klaim RSUD Purut.

“Masalah ini banyak faktornya. Dan masalah ini bagianya Ibu Sinta. Biar beliau yang menjelaskan. Hari Senin depan (27/05/2018) aja. Saat ini bu Sinta masih di Surabaya hingga Senin depan, ” terang Anang.

Wartawan : mulyo

Redaktur.   : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply