TerkiniUncategories

Limbah Cair PT Sari Rajut Indah Gempol Cemari Lingkungan

677Views

Siaranpublik.com

 

Lembaga Konservasi dan Penyelamatan Lingkungan ENCORE Pasuruan,  Jawa Timur, meminta kepada Bupati Pasuruan untuk menghentikan atau mencabut ijin pabrik tekstil PT Sari Rajut Indah di Jl Raya Gempol Km 20, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol,  Kabupaten Pasuruan.

Alasannya, pabrik kain katun ini limbah cairnya telah mencemari lingkungan. Paling parah, sekarang ini warga sekitar hampir tidak bisa menggunakan air sumurnya karena bau akibat imbas limbah tersebut. Sedang air sungai yang sebelum pabrik berdiri digunakan untuk mandi cuci kakus (MCK), kini sudah tidak bisa dipakai.

“Bayangkan saja, limbahnya warna merah terus baunya menyengat. Dipakai mandi sudah tidak bisa, mencuci juga tidak bisa dan buat buang air pun tidak bisa. Kasihan warga, sekarang sumurnya terimbas. Sehingga air sumurnya pun praktis tidak bisa digunakan untuk masak, minum dan cuci. Baunya lumayan menyengat, ” papar Ketua ENCORE,  Ismail Maky,  SE,  MM.

Kata Maky, pihaknya sudah menyurati berbagai pihak yang berwenang. Salah satunya adalah Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Pasuruan. Inti suratnya, PT Sari Rajut Indah dianggap telah melanggar Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Lanjut Maky,  warga sekitar juga terancam tidak bisa mengolah lahan pertaniannya. Pasalnya, rembesan limbah ke dalam tanah membuat tanh pertanian tidak bisa ditanami. Belum lagi, air untuk mengaliri sawahnya juga sudah tercemar.

“Mendirikan pabrik tidak mudah, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Aalagi kaitannya dengan pabrik berlimbah. Harus ada AMDAL dan UKL serta UPL. Makanya kami minta kepada dinas terkait untuk mengkaji seluruh perijinan pabrik ini (PT Sari Rajut Indah). Jika memang ada yang pelanggaran, tutup saja, ” tegas Maky sembari membeber foto-foto temuannya di lapangan.

Kata Maky, dirinya juga telah mem-video limbah pabrik tersebut. Kaitan limbah cair yang dipermasalahkan ENCORE belum mendapatkan konfirmasi dari pihak pabrik. (zaelani)

 

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply