PolitikUncategories

Nico : Mengapa Politik Uang Harus Ditolak?

130Views

Siaranpublik.com – Pasuruan,

Politik uang adalah pembodohan politik. Politik uang tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Justru, politik uang menciderai integritas penyelenggaraan Pilkada.

Demikian dikatakan Nico Trisno Prahoro, Ketua Bawaslu Kota Pasuruan. Diakui Nico Trisno Prahoro, sekarang ini, politik uang dan politisasi SARA (suku, agama, ras dan antar golongan) menjadi ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Oleh karena itulah, politik uang dan politisasi SARA harus ditolak dan dilawan. Untuk Pilkada serentak 2018 yang berkualitas dan berintegritas, Nico mengajak kepada seluruh elemen masyarakt untuk bersama-sama melawan dan menolak politik uang dan politisasi SARA.

Masih dipaparkan Nico, sebagai langkah antisipasi politik uang maupun politisasi SARA, ada dua cara yang harus dilakukan. Yaitu, soft actian dan hard action.

“Soft action, yaitu pendekatan dan edukasi kepada partai politik tentang maslahat dan mudharatnya tentang politik uang dan resiko yang harus ditanggung,” jlentreh Nico Trisno Prahoro.

Lebih lanjut dikatakan Nico, langkah hard action adalah, penindakan dengan tegas yang berujung dibawa ke pengadilan. Nico menghimbau kepada masyarakat yang mengetahui dan ingin melaporkan tindakan politik uang maupun politisasi SARA,  disilahkan melaporkannya ke Kantor Bawaslu Kota Pasuruan di Jl. Panglima Sudirman, Kota Pasuruan.

“Syaratnya, harus menyertakan dua alat bukti yang kuat. Sehingga nanti akan diproses lebih lanjut  dengan tim Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan,” pungkas Nico mengakhiri perbincangannya.

Wartawan : mulyo

Redaktur   : zaelani

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply