TerkiniUncategories

Lomba Pos Siskamling Kec. Gadingrejo Dimenangkan RT 01/RW 07, Perum Graha Indah I.

162Views

Siaranpublik.com – Pasuruan,

Lomba Pos Siskamling Tahun 2018 yang digelar Kecamatn Gadingrejo,  Kota Pasuruan,  tahap pertama sudah dilalui.  Juaranya adalah Pos Siskamling RT 01/RW 07,  Perumahan Graha Indah I,  Kelurahan Krapyakrejo.

Untuk tahap pertama penilaiannya fokus pada kebersihan dan kelengkapan dari Pos Siskamling. Kelengkapan yang dimaksud, ada Linmas paling tidak dua orang. Ada alat pemadam kebakaran (tradisional maupun modern),” jelas IPTU Ishari,  salah satu anggota tim penilai.

Masih kata Ishari, harus ada kentongan dan bel kloneng,  punya tongkat pengaman,  jam tembok, senter sampai pada pluit. Punya jas hujan dan payung, ada pula kotak P3K berikut obat-obatannya.

Pelengkap lainnya, yaitu berupa buku administrasi . Buku catatan jaga tiap hari hingga satu tahun. Buku absen ini akan masuk penilaian pada tahap berikutnya. Apakah RT 01 mampu menyabetnya lagi. Kita lihat saja nanti, ” tandas Wawan,  Kasi Trantib Kecamatan Gadingrejo,  sekaligus Panitia Lomba.

Untuk tahap III,  penilaian dikhususkan pada tata cara Linmas memperagakan pukul kentongan. Artinya,  kalau ada maling mukul kentongannya kayak apa. Jika ada kebakaran irama mukul kentongannya seperti apa.  “Tidak hanya Linmas saja,  warga lainnya harus bisa cara mukul kentongannya, ” papar Wawan.

Tujuan diadakan lomba Pos Siskamling ini adalah untuk menghidupkan seluruh pos yang ada di kampung-kampung dan perumahan. Keberadaan pos ini sangat perlu dihidupkan kembali untuk keamanan lingkungannya masing-masing.

Menjelang gawe besar, pilpres dan pileg nanti,  Pos Siskamling adalah merupakan alat pengamanan yang efektif. “Untuk merangsang agar Pos Siskamling hidup kembali,  kita adakan lomba Pos Siskamling tingkat Kecamatan Gadingrejo, ” kata Wawan mengakhiri paparannya kepada warga RT 01. (zaelani)

 

Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply