Birokrasi

Simulasi Kesiapsiagaan, BPBD dan Relawan Evakuasi Korban Banjir

109Views
Siaranpublik.com, Pasuruan,
Dalam meminimalisir korban bencana banjir, BPBD dan relawan dituntut selalu siap siaga. Tim resceu 088, gayatri, PG, dituntut sigap dalam melakukan pertolobgan korban bencana.
Taufik warga Kelurahan  Kalianyar, Kecamatan Bangil,
terus teriak minta tolong karena ayahnya yang jadi korban bencana banjir belum ditemukan. “Bapakku dimana, bapakku masih di rumah, tolong bapakku,” teriak Taufik.
Kesigapan tim relawan dan anggota BPBD terus melakukan upaya pencarian dengan menurunkan tim perahu dayung dan tim perahu motor. Alhasil tim dayung dan tim motor menemukan 3 korban bencana yang masih hidup.  Yang pertama korban perempuan yang hanyut dan mengalami patah tulang.  Kemudian korban kedua,  laki-laki ditemukan dalam keadaan tersangkut dipohon Dan satu korban masih dalam pencarian.
Setelah menelusuri berhari-hari tim motor berhasil menemukan korban bencana banjir dalam keadaan tewas dan mengapung.
Demikian aksi simulasi dalam menolong korban bencana banjir yang digelar di perkatoran Pemkab Pasuruan di  Raci.  Giat ini untuk menigkatkan kesigapan dan kemampuan dalam menolong korban bencana. ” simulasi ini untuk melatih tim kami agar memiliki “Kemampuan dalam melakukan pertolongan saat bencana terjadi,” ucap Bakti Permana Kepala BPBD Kab. Pasuruan.
Dengan moto siap untuk selamat diharapkan giat simulasi korban bencana ini juga diikuti oleh pihak OPD yang lain serta pihak swasta. “Kami berharap dengan dilakukan sumulasi ini dapat meminimalisir korban dan siap dalam menghadapi bencana,” tegas Bakti.
Dengan giat simulasi penyelamatan ini,  nantinya nihil korban bencana. Itulah bagian dari  Hari Kesiapsiagaan Nasional Tahun 2018 yang dicanangkan setiap tanggal 26 April. (zaelani)
Siaran Publik
the authorSiaran Publik

Leave a Reply